POPULAR STORIES

Tuna Rungu Bikers Community, Memberi Contoh Ke Masyarakat Cara Berkendara Yang Baik

Tuna Rungu Bikers Community, Memberi Contoh ke Masyarakat Cara Berkendara yang Baik Bikers TRBC tersebut saling mengerti dan saling menghormati. (Foto: KabarOto/Yudi Atmaja)

Komunitas yang satu ini memang berbeda dengan komunitas yang sudah ada di Jabodetabek. Komunitas motor yang satu ini adalah Tuna Rungu Bikers Community (TRBC). Lalu, bagaimanakah mereka menjalani aktivitasnya di dunia bikers?

TRBC mempunyai sekretariat di Lenteng Agung, Kampung Kalibata RT 12/7, Jakarta Selatan. Di TRBC ini juga mempunyai visi dan misi. Visinya adalah meningkatkan safety riding dan membangun kepercayaan diri para tuna rungu untuk bersosialisasi. Sedangkan, misi yang diemban TRBC, memberi contoh kepada masyarakat tuna runggu cara berkendara yang baik dan benar di jalan dan menghadiri anniversary, soan, baksos serta kegiatan paguyuban lainnya.

Motor yang digunakan oleh komunitas ini adalah semua jenis motor. Kini anggotanya sudah 9 member. Saat kopdar para bikers tuna rungu tersebut membicarakan silaturahmi antar bikers (soan), saling sharing di dunia motor dan saling bertukar pikiran walaupun bahasa mereka hanya membaca gerakan tangan saja.

Pantauan kabaroto, para bikers TRBC tersebut saling mengerti dan saling menghormati. Tak lupa mereka juga membahas mengenai teknis untuk menghadiri anniversary komunitas yang sedang berulangtahun. Bakti sosial dan paguyuban.

Sukri, Ketua Umum TRBC dengan bahasa tangannya yang mempunyai juru bicara kepada kabaroto menyampaikan sejarah berdirinya komunitas ini tepat tanggal 5 September 2011. Saat itu berawal dari organisasi masyarakat yang terdiri dari semua anggotanya adalah tuna rungu. Ternyata, hobi mereka sama, otomotif roda dua. Karena itulah dibentuk TRBC. Tujuannya mencari persaudaraan tanpa batas dan tidak memandang kekurangan apapun.

Program yang sudah dilaksanakan, antisipasi bencana kebakaran (Srengseng), longsor (banjar Negara). Walaupun mereka tuna rungu tetapi TRBC tetap menyelenggarakan touring Yogyakarta, Sukabumi, Puncak, Semarang, Indramayu dan lain sebagainya.

Syarat menjadi komunitas TRBC adalah menerima kekurangan sesama anggota tuna rungu dan harus memiliki SIM serta STNK. Dalam waktu dekat jika tidak ada halangan, TRBC akan menyelenggarakan anniversary TRBC ke-4.

Baca Juga: