POPULAR STORIES

TVS Hadirkan Zeppelin Hybrid Konsep Dengan 2 Mesin Penggerak

TVS Hadirkan Zeppelin Hybrid Konsep dengan 2 Mesin Penggerak TVS Zeppelin Hybrid, naked dengan 2 penggerak. (TVS, morebikes)

KabarOto.com - TVS sepertinya memanfaatkan momen yang berlangsung di negaranya dalam ajang Auto Expo 2018. Pabrikan asal India ini menghadirkan motor-motor konsep futuristik, seperti skuter listrik pintar Creon dan TVS Zeppelin Hybrid konsep dengan 2 mesin penggerak.

TVS yang beraliansi dengan BMW Mottorad kembali memamerkan produk konsep buatannya yang sangat innovatif berlabel TVS Zeppelin Hybrid. Sebuah konsep motor naked istimewa dengan 2 penggerak, berbahan bakar (endothermic) minyak bumi dan listrik.

Baca Juga: TVS Creon, Skuter Listrik Pintar Hadir di Auto Expo

Motor konsep yang dihadirkan TVS dalam ajang Auto Expo 2018 India, menjadi kendaraan konsep pertama di India yang menganut sistem hybrid untuk model naked bike. Dimana kebanyakan produsen roda dua masih menerapkan pada motor skuter matik, dimana sebelumnya naked hybrid pernah ditampilkan oleh Honda, meski hanya sebagai aplikasi paten di Eropa 2 tahun lalu.

kabarOto

Sistem penggerak TVS Zeppelin Hybrid, mengandalkan mesin motor bakar sebagai penggerak utama. Mesin berbahan bakar bensin itu berkapasitas 220 cc silinder tunggal, dan dapat menghasilkan tenaga sebesar 20 dk pada 8.500 rpm dengan torsi 18,5 Nm di 7.000 rpm. Dengan penggerak akhir mengandalkan sabuk ke roda belakang.

Selain itu juga terdapat penggerak tambahan, E-Boost dengan motor listrik 48V DC 1,2 kW atau setara dengan 1,6 dk. Guna dari motor listrik itu selain pendukung gaya dorong pada flywheel, fungsi lainnya sebagai motor starter dan juga generator penghasil listrik.

Fungsi penggeraknya akan dimulai saat Zeppelin Hybrid itu butuh tambahan torsi, seperti dalam kecepatan tinggi atau menanjak.

E-Boost akan berfungsi sebagai motor starter saat Zeppelin hidup. Dalam kondisi menyala normal, fungsinya berubah menjadi generator listrik untuk pengapian dan kelistrikan.

Demikian pula saat melambat, sistem akan berubah menjadi generator regenaratif pengisi listrik baterai Lithium-ion 48V DC, dengan pengisian lebih cepat 20%.

kabarOto

Sistem hybrid pada Zeppelin adalah mild hybrid. Sistem serupa dengan SHVS yang diterapkan oleh Maruti Suzuki, yang diterapkan pada produk roda empatnya.

Sebagai aliansi BMW Motorrad, TVS menyematkan komponen Apache RR310 atau model fairing BMW Motorrad G310R pada TVS Zeppelin Hybrid.

Seperti pada garpu depan, sistem rem depan dan transmisi. Meski baru berbentuk konsep, TVS baru akan memproduksinya secara massal pada akhir 2018.