POPULAR STORIES

Ubah Setir Brio-mu Jadi Makin Canggih Seperti Mobil Mewah Eropa!

Ubah Setir Brio-mu Jadi Makin Canggih seperti Mobil Mewah Eropa! Konversi Setir Brio ke Mobilio RS (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Kedua sisi setir Honda Brio yang polos, ternyata dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk mengatur beberapa fitur head unit layaknya mobil premium yang sudah memiliki adjustment button dari standar pabriknya. Canggih bukan? Hal tersebut telah dibuktikan pada mobil milik Arief Ramadhany dari komunitas Brio Project Indonesia (BPI).

Fungsinya tentu saja mempermudah pengoperasian sistem audio, khususnya pada sistem head unit Honda Brio-nya hanya dengan menggunakan satu jempol tangan sambil memegang setir.

“Dasarnya memang saya senang eksperimen, kebetulan saya ingat konstruksi cover setir Brio & Mobilio RS itu sama, jadi saya pakai aja adjustment button-nya sekalian biar kelihatan beda dari mobil lainnya, namun fungsional,” tutur pria lajang 24 tahun ini.

Soal estimasi biaya, pria penyuka mie ayam ini mengaku menghabiskan sekitar Rp2,2 juta untuk alat-alat yang diperlukan. Terdiri dari spiral atau fleksibel setir seharga Rp500 ribu, modul tape universal seharga Rp500 ribu, dan adjustment button Mobilio RS itu seharga Rp1,2 juta.

Penasaran cara pasangnya? Yuk, ikuti langkah-langkah berikut.

Pertama-tama buka airbag di bagian setir bersama soket sensornya menggunakan kunci bintang/ kunci L, kemudian buka setir menggunakan kunci roda 19. Buka soket spiral atau fleksibel setir milik Honda Brio dan ganti menggunakan spiral milik Honda Mobilio RS.

“Alasan mengganti spiral karena standar Brio tidak kompatibel dengan modul universal yang nantinya digunakan untuk mengirim sinyal pada adjustment button Mobilio RS menuju head unit,” jelas pemukim Kreo, Tangerang ini.

Pasang modul universal pada soket spiral dan hubungkan bagian output pada soket di belakang head unit dan voila! adjustment button sudah dapat difungsikan untuk mengatur volume, frekuensi AM/FM, CD, USB, track, radio, mematikan dan menyalakan head unit. Selamat mencoba!