POPULAR STORIES

Unik, Mobil Jadi Masjid Keliling

Unik, Mobil jadi Masjid Keliling Suasana masyarakat Bandung, Jawa Barat yang sedang melaksanakan salat di mobil masjid keliling (Foto: Istimewa)

Di bulan Ramadan, Badan Amal Rumah Zakat dan Yayasan Masjid Nusantara. mempersembahkan mobile masjid. Atau masyarakat Bandung menyebutnya masjid keliling.

Dipastikan setiap harinya selama bulan puasa ini, membagikan takjil gratis dan menyediakan lahan untuk salat masjid berjamaah. Masjid keliling ini sudah beroperasi sejak tibanya bulan ramadan. Mobil ini ditemani oleh lima petugas. Iya mereka bersama mobil masjidnya berkeliling mencari lokasi ramai tetapi minimnya masjid.

"Idea awal pengadaan mobil masjid adalah berlomba dalam kebaikan. Momentum Ramadan banyak di gunakan untuk ngabuburit, tapi terkadang kegiatan ngabuburit malah membuat masyarakat melupakan salat. Karena masjid jauh ataupun penuh, maka kita hadir memberikan kemudahan fasilitas untuk beribadah dimanapun kapanpun," ujar Muhammad Sobirin, Direktur Yayasan Masjid (YMN) Nusantara, kepada wartawan.

Tentunya untuk memaksimalkan ibadan salat, mobil masjid ini dilengkapi beberapa lapis karet untuk salat, pompa air, keran, tangki air yang menampung 500 liter. Tidak ketinggalan sound sistem dan beberapa alat lain untuk keperluan pelaksanaan salat Magrib berjamaah. Untuk titik pelaksanaan setiap harinya dibuat berbeda sesuai jadwal yang sudah dikaji sebelumnya oleh tim. Pertimbangannya tempat haruslah yang ramai dikunjungi dan minim fasilitas salat, dan memiliki lahan yang cukup untuk pelaksanaan salat mahgrib berjamaah.

Yang uniknya lagi, di sini bukan hanya memberikan fasilitas untuk masyarakat yang akan beribadah, Mobile Masjid ini hadir untuk memberikan arahan kiblat yang tepat buat masyarakat. Selain itu para petugas mobile Masjid ini akan mendatangi masjid-masjid di Bandung untuk membersihkannya.

Mobile Masjid ini selalu membagikan takjil kepada masyarakat sekitar, jumlah takjil yang dibagikan dalam sehari berjumlah 150 hingga 200 bungkus takjil. Tujuannya adalah mempermudah dan membantu masyarakat yang kesulitan mencari untuk berbuka puasa dalam keramaian.

Baca Juga: 

Berita Terkait

Berita Terkait