POPULAR STORIES

Untung Rugi Mencampur Pertamax Dan Premium

Untung Rugi Mencampur Pertamax dan Premium Pada prinsipnya mencampur dua bahan bakar tersebut tidak mengapa, asalkan takarannya sesuai. (foto: Bimo)


Banyak orang yang menggunakan mobil atau motor mencampur pertamax dan premium. Pada prinsipnya mencampur dua bahan bakar tersebut tidak mengapa, asalkan takarannya sesuai. Namun juga para mekanik tidak menyarankan untuk mencampur kedua bahan bakar tersebut.

Jika dalam situasi darurat dan mengharuskan anda mencampur kedua bahan bakar itu, Kabaroto akan memberikn tips mencampur pertamax dan premium.

Takaran yang dianjurkan adalah 4:1 tentu saja pertamax dengan posri yang lebih banyak,karena Pertamax bahan bakar minyak yang ditambahkan bahan adiktif saat dilakukan pengolahan. Bahan adiktif tersebut berfungsi sebagai filter. Itu yang membuat kendaraan yang menggunakan Pertamax tarikannya akan terasa lebih ringan. Pertamax juga dapat menyaring kotoran pada mesin sehingga hampir tidak ada kotoran yang menyebabkan kinerja mesin menjadi lemah.

Sedikitnya takaran premium, karena bahan bakar minyak ini tidak memiliki bahan tambahan atau bisa dibilang polosan. Namun kerugian yang anda akan peroleh yaitu bahan adiktif yang terdapat pada pertamax tidak akan bekerja jika tercampur dengan premium. Dan disarankan anda hanya menggunakan satu bahan bakar saja.

Meskipun tidak membuat mesin menjadi rusak, namun akan sangat rugi jika pertamax dicampurkan dengan premium sehingga manfaat anda dapat saat menggunakan pertamax akan hilang diantaranya kotoran pada filter akan hilang karena dicampur dengan premium.

Namun bila anda tetap ingin menggunakan kedua bahan bakar ini, baiknya gunakan secara bergantian tanpa harus mencampurkannya. Yaitu mungkin pertama gunakan premium hingga beberapa kali, kemudian jika tangki mobil atau motor sudah kosong baru isikan dengan pertamax.

Baca Juga: