POPULAR STORIES

Vettel Dominasi GP Singapura 2015

Vettel Dominasi GP Singapura 2015 GP Formula 1 Singapura pun kembali didominasi oleh pebalap asal Jerman tersebut bersama dengan Daniel Ricciardo dan Kimi Raikkonen yang tetap mempertahankan posisi 2 dan 3 dibelakang Vettel (Foto:F1)

Seperti sesi kualifikasi Q3 Sabtu kemarin, sesi balap utama GP Formula 1 Singapura pun kembali didominasi oleh pebalap asal Jerman tersebut bersama dengan Daniel Ricciardo dan Kimi Raikkonen yang tetap mempertahankan posisi 2 dan 3 dibelakang Vettel sejak start dimulai. Sayangnya Lewis Hamilton gagal meneruskan lomba di lap 27 setelah mobilnya mengalami masalah teknis dan harus merelakan posisinya diambil oleh Nico Rosberg yang berhasil finish di posisi ke-4 untuk Mercedes.

Walau balapan sempat tertahan akibat periode Virtual Safety Car akibat insiden tabrakan antara Nico Hulkenberg dan Felipe Massa di lap ke 14 dan keluarnya Safety Car akibat insiden penonton fanatik yang memasuki area sirkuit di lap ke 37, konsentrasi yang dimiliki Vettel sejak start tetap bertahan hingga akhir balapan. Sedangkan untuk drama yang terjadi di lap ke 14 mengakibatkan hukuman turun 3 posisi start di GP F1 Jepang bagi Nico Hulkenberg. Keputusan tersebut didasari oleh pengamatan ulang tim Stewards lomba setelah mengetahui bahwa Hulkenberg tidak memberi ruang membelok yang cukup bagi Massa saat berada di jalur keluar pit.

Keluarnya Safety Car di lap ke 37 dimanfaatkan oleh pebalap di lini tengah seperti Valtteri Bottas yang berhasil mempertahankan posisi finish ke-5 dari Daniil Kvyat, diikuti oleh Sergio Perez yang berhasil mempertahankan posisi finish ke-7 di depan Max Verstappen dan Carlos Sainz Jr. dari tim Toro Rosso. Poin terakhir di posisi finish ke-10 akhirnya diraih oleh Felipe Nasr setelah sempat bersaing dengan rekan setimnya merebutkan posisi kunci dari pebalap tim Lotus, Romain Grosjean yang juga gagal finish akibat masalah teknis. Selain Hamilton, Hulkenberg dan Grosjean yang gagal finish akibat tabrakan dan masalah teknis, ada 3 pebalap lainnya yang gagal finish di GP Singapura tahun ini seperti Jenson Button kembali gagal finish akibat masalah transmisi seperti mobil Fernando Alonso dan Felipe Massa yang mengalami kerusakan transmisi dan kebocoran tekanan angin ban setelah bertabrakan dengan Nico Hulkenberg.

Walau finish di posisi ke-14 dengan selisih 2 lap, debut Alexander Rossi di GP Singapura cukup baik setelah berhasil mengalahkan rekan setimnya Will Stevens yang menutup lomba dengan finish di posisi 15. Kemenangan Sebastian Vettel di GP Singapura kali ini merupakan kemenangan ke-42 dalam keseluruhan karier di Formula 1 dan berhasil melampaui jumlah kemenangan yang diraih oleh Aryton Senna dengan 41 kemenangan yang hampir disamai oleh Lewis Hamilton. Jumlah rekor tersebut menempatkan Vettel dibawah Alain Prost yang memenangkan 51 balapan dan Michael Schumacher yang berada di puncak rekor dengan memenangkan 91 balapan.

Baca Juga: