POPULAR STORIES

Volvo Kembangkan Teknologi Deteksi Keberadaan Kangguru

Volvo Kembangkan Teknologi Deteksi Keberadaan Kangguru Volvo Kembangkan Teknologi Baru yang Dapat Deteksi Keberadaan Kangguru di Jalan Raya (Foto: worldcarfans.com)

Volvo Cars tengah mengembangkan teknologi pendeteksi keberadaan kangguru yang dirancang khusus bagi mobil pasar Australia. Mungkin banyak orang beranggapan ini hanya lelucon. Tetapi pada kenyataannya salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas paling mahal di Australia adalah akibat dari kangguru.

Dilaporkan worldcarfans, Berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh National Roads & Motorists’ Association (NRMA), ada lebih dari 20.000 kecelakaan dengan kanguru di jalan Australia setiap tahun dan ini menghasilkan lebih dari AUD75 juta dalam hal klaim asuransi.

Adanya masalah tersebut,Volvo Cars mengembangkan teknologi untuk bekerja pada sistem baru sehingga dapat menurunkan resiko dampak kontak dengan binatang. Tim ahli keamanan telah melakukan perjalanan ke Teritorial Ibu kota Australia untuk film dan mempelajari perilaku kanguru pinggir jalan di habitat alami mereka.

Penelitian dilakukan di Cagar Alam Tidbinbilla dekat Canberra, Canberra yang dianggap sebagai lokasi seringnya terjadi tabrakan antara mobil dan kanguru. Teknologi ini akan menggunakan radar sebagai alat pendeteksi hewan agar dapat menghindari tabrakan. Terdapat juga kamera yang digunakan untuk mendeteksi hewan dan secara otomatis akan melakukan pengereman dalam menghindari tabrakan.

Penasaran seperti apa teknologinnya ? Simak videonya berikut ini

Baca Juga: