POPULAR STORIES

Volvo XC60 Kembali Mendominasi Kelas SUV Premium Kompak 2015

Volvo XC60 Kembali Mendominasi Kelas SUV Premium Kompak 2015 Volvo XC60 (foto:volvocars.com)

Kita tahu bahwa Eropa belum bisa dibilang pulih dari efek krisis ekonomi global pada tahun 2008 lalu, dan mengingat kondisi yang cukup panas dengan masalah ekonomi yang dihadapi oleh Yunani, Italia, Spanyol, Belanda dan negara-negara lain mungkinkah penjualan mobil kelas premium dari segala tipe ikut terpuruk? ternyata tidak, bahkan Volvo (mobil) justru menjadi salah satu pabrikan otomotif Eropa yang sukses di penjualan segmen SUV premium ukuran kompak.

Divisi mobil Volvo mungkin akhir-akhir ini seakan tenggelam dalam dunia otomotif Eropa dan mungkin di Indonesia setelah sempat terpuruk dan terancam bangkrut beberapa tahun lalu hingga akhirnya mendapatkan investor baru dari Geely Group asal Tiongkok, tapi percaya atau tidak, Volvo masih ada dan menurut laman  carscoops.com, selama 2 tahun terakhir merajai jumlah penjualan SUV premium ukuran kompak melebihi Audi Q5, BMW X3 dan Mercedes-Benz GLK dan tentunya masih memiliki ciri khas Volvo, bukannya berubah identitas seperti yang sempat ditakutkan oleh beberapa pihak sewaktu diakuisisi oleh Geely Group.

Kualitas tinggi, kelengkapan keselamatan dan keamanan mobil yang prima, ciri khas mobil eksekutif dan tentunya soal performa mobil sport yang kini dimiliki Volvo setelah membeli Polestar, sebuah divisi performa khusus untuk menyaingi AMG dan divisi M milik BMW tapi tentunya Volvo masih jauh dari tahap yang sama untuk menyaingi kedua pabrikan asal Jerman tersebut namun bila kita berbicara masalah kualitas dan faktor keseluruhan mobil, Volvo masih sanggup melawan dan dengan cara yang lebih dewasa khas Swedia.

Volvo XC60 sendiri hanyalah SUV kompak di kelas premium biasa dan bukanlah SUV dengan aura sport seperti kompetitornya, namun Volvo masih memberikan perhatian besar pada detail, ukuran kabin, kenyamanan mengemudi dan seluruh hal yang pemiliknya akan rasakan dibalik kemudi, XC60 masih memberikan segala hal tersebut. Seperti yang dikutip dari left-lane.com, Segalanya bermula pada tahun 2013 saat Volvo XC60 menjadi SUV premium ukuran kompak terlaris ke-4 Eropa dibelakang Range Rover Evoque, Audi Q5 dan BMW X3. Tahun 2014 terdapat perubahan dengan datangnya kompetitor baru seperti Porsche Macan, Lexus NX dan BMW X4, Dan XC60 masih menjadi model SUV Volvo terlaris di tahun tersebut dengan membukukan penjualan sejumlah 62.845 unit, diatas Audi Q5 yang membukukan penjualan sebanyak 60.679 unit, Land Rover Evoque sebanyak 50.838 unit dan BMW X3 yang terjual 48.229 unit. Untuk Mercedes GLK, BMW X4, Porsche Macan dan Lexus NX sayangnya bukan merupakan lawan bagi Volvo.

Sekarang di tahun 2015, tercatat Volvo XC60 masih mendominasi dalam jumlah angka penjualan di semester pertama tahun ini seperti pada daftar berikut:
1. Volvo XC60 - 18.173
2. Range Rover Evoque - 16.135
3. Audi Q5 - 15.854
4. BMW X3 - 10,828
5. Mercedes-Benz GLK - 6.562
6. BMW X4 - 6.108
7. Land Rover Discovery Sport - 5.803
8. Porsche Macan - 5.733
9. Lexus NX - 3.764

Baca juga: