POPULAR STORIES

VW Batalkan Riset Transmisi DSG 10-percepatan?

VW Batalkan Riset Transmisi DSG 10-percepatan? VW DSG Dual Clutch transmission (foto:motorauthority.com)

Setelah beberapa produsen otomotif menggunakan transmisi otomatis 9-percepatan seperti Hyundai serta kerjasama Ford dan General Motors yang mengembangkan transmisi otomatis 10-percepatan mengikuti riset Volkswagen, kini muncul kabar bahwa VW telah membatalkan pengembangan transmisi DSG 10-percepatan berdasarkan informasi yang tertulis pada situs motoring.com.au.

Menurut situs tersebut, riset transmisi DSG tersebut dibatalkan karena biaya pengembangannya sangat mahal dan pembuatannya sangat rumit. Nara sumber dari situs motoring.com.au juga menambahkan bahwa sekarang VW harus menyeimbangkan prioritas antara riset transmisi dengan hal lain yang lebih penting dan mendesak. Sebelumnya pada tahun 2013, Martin WInterkorn selaku bos VW Group mengumumkan bahwa VW akan mengembangkan transmisi dual-clutch 10 percepatan yang akan digunakan di seluruh mobil VW. Kemudian pada tahun 2014 VW mengumumkan bahwa transmisi baru dengan kode DQ511 tersebut dirancang mampu menahan torsi sebesar 549 Nm dan akan menggantikan desain transmisi DSG 6 dan 7-percepatan yang telah lama digunakan oleh VW untuk memberikan tingkat efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi.

Bila memang kabar tersebut benar, mungkin akan menjadi kemunduran bagi VW dalam hal inovasi teknologi transmisi yang kini makin disusul oleh Hyundai, Ford dan General Motors dengan teknologi transmisi dual-clutch 7-percepatan mereka masing-masing.

Baca juga: