POPULAR STORIES

Waspada Jika Lampu Indikator Menyala, Ini Tandanya

Waspada Jika Lampu Indikator Menyala, Ini Tandanya Lampu indikator pada dasboard mobil (foto: Istimewa)

Kondisi bagian-bagian penting yang terdapat didalam mobil bisa terlihat dari lampu indikator yang berada di dashboard bersamaan dengan speedometer dan meteran bensin. Jika bagian ini menyala disaat anda menyetir, harus waspada dan segera untuk mengeceknya. Kabaroto bersama mobil88 memberikan informasi tanda-tanda dari lampu indikator yang tidak boleh dianggap remeh :

- Indikator Oli. Lampu indikator oli yang hidup menandakan rendahnya tekanan oli pada mobil. Hal ini akan berdampak buruk terhadap mesin. Jika hal ini terjadi, segera matikan mesin mobil dan cek level oli dengan dipstick.

- Indikator Suhu Mobil. Lampu indikator suhu mobil akan menyala saat mobil dalam kondisi overheating (sangat panas). Jangan memaksakan diri untuk terus mengendarai mobil, karena hal itu sangat beresiko. Karena jika memaksakan mengendarai mobil dalam kondisi overheating akan merusak komponen-komponen penting pada mesin.

- Indikator Charging System. Lampu ini akan menyala jika aliran listrik pada mobil berada dalam level rendah. Mesin mobil tidak akan langsung mati, masih ada waktu sekitar 30 menit, sebelum mesin mobil benar-benar mati. Hal ini menunjukkan adanya kerusakan pada serpentine belt, alternator, charging control unit atau terdapatnya karat pada kabel aki.

- Indikator Rem. Lampu Indikator rem akan menyala jika rem tangan tidak dilepas secara total. Selain itu, indikator ini juga menunjukkan bahwa minyak rem berada dibawah level. Hal lain mungkin terdapat gangguan pada tekanan sirkuit hidrolik. Kurangnya kadar minyak rem atau kerusakan pada hidrolik ini sangat berbahaya, karena rem tidak akan bekerja normal, saat pedal rem diinjak.

-Indikator tekanan angin ban. Lampu peringatan yang menandakan bahwa tekanan angin pada ban mobil tidak sesuai rekomendasi pabrikan, tidak bisa dianggap remeh. Mengendarai mobil dengan tekanan angin yang tidak sesuai rekomendasi pabrikan sangat berbahaya. Karena hal ini sangat beresiko terjadinya ban meletus saat mobil dikendarai.

Baca Juga :