POPULAR STORIES

Yamaha Recall R3 Dari Pasaran Karena 2 Masalah Pada Komponen

Yamaha Recall R3 Dari Pasaran Karena 2 Masalah Pada Komponen Yamaha R3 yang di Recall dari pasaran Jepang, Eropa dan Amerika Serikat (foto: Istimewa)

Yamaha Indonesia beberapa waktu lalu telah mengumumkan untuk menarik kembali terhadap Yamaha R25 dan MT25 untuk dilakukan perbaikan melalui situs resminya, kini giliran Yamaha R3 juga kena recall. Yamaha R3 diketahui memiliki masalah serupa dengan R25 dan MT25, dimana Yamaha R3 ini harus di tarik dari pasaran karena permasalahan pada dua komponen berbeda.

Yamaha R3 memiliki platform yang sama dengan R25, memiliki perbedaan pada kapasitas mesin yang sedikit lebih besar, 300cc. Kedua roda dua ini diproduksi di Indonesia, namun Yamaha R3 hanya dipasarkan bagi pasar Jepang, Eropa dan Amerika Serikat.

Bersamaan dengan recall R25 dan MT25, pemilik Yamaha YZF-R3 di Amerika Serikat pun diharapkan menghubungi diler terdekat untuk pergantian komponen yang bermasalah oleh Yamaha Motor Corporation USA. Uniknya pengumuman recall itu mendahului informasi awal yang biasanya dilakukan oleh Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA).

Sama halnya dengan R25 dan MT25, Yamaha R3 juga kena recall akibat masalah pada dua komponen berbeda, yang dapat berakibat fatal bagi keselamatan pengendara. Komponen pertama yang harus diganti adalah fuel tank fitting bracket, atau braket dudukan tangki karena kurang baik dan dapat menyebabkan tangki bocor serta rembesan bahan bakar. Kerusakan ini bisa ditimbulkan karena getaran mesin yang tinggi.

Komponen lainnya yang menjadi sumber masalah adalah main power switch, karena akan menimbulkan karat akibat rembesan air. Kondisi itu bisa menyebabkan mesin motor sulit dinyalakan atau mati tiba-tiba, akibat terjadinya karat yang akan terjadi di waktu yang akan datang.

Produk Yamaha yang dikabarkan untuk melakukan pergantian komponen itu meliputi Yamaha R3, yang diproduksi pada tahun 2015-2016 dan dipasarkan oleh Yamaha USA. Pergantian komponen yang dilakukan ini tanpa dipungut biaya alias gratis.

baca juga: