POPULAR STORIES

Youxia X, Klon Tesla Model S Dicampur KITT

Youxia X, klon Tesla Model S Dicampur KITT inilah tampang Youxia X (foto: carnewschina.com)

Tiongkok dan segala jenis mobil klon populernya mungkin sudah biasa, namun kali ini kami menemukan mobil yang “terinspirasi” dari Tesla Model S dan dicampur dengan adonan dari Pontiac Trans-Am yang bernama KITT dari serial TV populer Amerika – Knight Rider – di tahun 80-an. Temuilah Youxia X, klon Tesla Model S dengan tambahan adonan dari KITT.

Menurut informasi dari situs CarNewsChina, nama Youxia merupakan judul asli serial Knight Rider yang ditayangkan di Tiongkok dan founder dari merk tersebut, Huang Xuyuan (28), juga merupakan fans dari serial TV tersebut. Beralih ke Youxia X, secara keseluruhan mobil ini benar-benar mirip dengan mobil listrik buatan Tesla, yang membedakannya hanyalah beberapa sudut tajam di eksterior mobil dan panel display LED pada moncong mobil yang dapat berubah-ubah dari logo Youxia hingga lampu pindai berwarna merah khas KITT bahkan gambar lainnya.

Beralih ke bagian interior (yang masih berupa render gambar komputer) juga mirip dengan Tesla Model S, terutama panel LCD besar di bagian tengah dengan orientasi 'portrait' yang dilengkapi sistem operasi berbasis Android yang dinamai KITT. Bicara masalah mesin, Youxia X juga merupakan mobil listrik seperti Tesla Model S. Mobil ini memiliki motor yang memiliki tenaga sebesar 270 kW atau sekitar 362 dk yang mampu meluncurkan mobil dari 0 ke 100 km/j dalam waktu 5,6 detik. Baterai yang digunakan terdapat 3 pilihan dengan kapasitas 40 kWh yang dapat menempuh jarak 136 mil, baterai 60 kWh yang dapat menempuh jarak 205 mil atau baterai dengan kapasitas 85 kWh yang dapat menempuh jarak 285 mil.

Bicara masalah harga, mobil in akan dibandrol sebesar USD $32,000 hingga $48,000 namun belum dapat dipastikan apakah harga tersebut sudah termasuk atau tidak termasuk subsidi sebesar USD $14,000 dari pemerintah Tiongkok. Beberapa hal pun masih belum dapat diketahui seperti masalah kualitas buatan, konstruksi sasis yang digunakan, dimanakah peletakan motor listrik dan lain-lain.

Baca juga: