Angka Kecelakaan Di Indonesia Terus Menurun

Angka Kecelakaan di Indonesia Terus Menurun

KabarOto.com – Melansir data Kepolisian Republik Indonesia, angka kecelakaan di Indonesia dalam kurun waktu tiga tahun terakhir terus mengalami penurunan.

Pada tahun 2019, jumlah angka kecelakaan mencapai 5.994 kasus. Sedangkan tahun 2020 sebanyak 4.559 kasus, dan tahun 2021 sebanyak 1.187 kasus.

Baca juga: Minim Kecelakaan Lalu Lintas Akibat Covid-19, Jasa Raharja Hanya Bayar Santunan Rp 2,3 Triliun

Penurunan angka kecelakaan tersebut disebabkan adanya pandemik Covid-19 yang melanda hampir diseluruh dunia, termasuk Indonesia. Apalagi, di Indonesia sendiri memberlakukan larangan mudik lebaran.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah menggelar Operasi Keselamatan Jaya 2021 pada 12 – 25 April 2021. Operasi tersebut akan berlangsung sejak memasuki bulan Ramadan itu bertujuan untuk menekan angka penularan Covid-19.

“Selain itu tujuannya untuk meningkatkan kepatuhan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan, tertib berlalu lintas, dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas,” jelas Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya dalam keterangan resminya.

Baca juga: Ini Faktor Penyebab Kecelakaan Motor Di Jalan

Sementara itu, dari angka kecelakaan tersebut, jumlah kematian akibat kecelakaan juga mengalami penurunan. Tahun 2019 ada 419 korban jiwa, tahun 2020 sebanyak 346 korban jiwa dan tahun 2021 sebanyak 91 korban jiwa.

Sedangkan, untuk angka korban dengan luka berat hingga ringan juga mengalami penurunan.

Berita Terkait

Berita Terkait