POPULAR STORIES

Dijual Rp550 Juta, Ini Profil Honda CBR600RR

Dijual Rp550 Juta, Ini Profil Honda CBR600RR

KabarOto.com - Konsep super sport CBR600RR didesain dengan fairing dan headlamp baru yang lebih agresif dengan minim area frontal agar menghadirkan koefisien drag yang lebih kecil terhadap angin.

Penyematan winglet terinspirasi dari RC213V di MotoGP yang diklaim membuat down force saat berakselerasi. Bagian ini juga diklaim berguna untuk memberikan stabilitas lebih saat melakukan pengereman dan tikungan. Pada tengah lampu, terdapat lubang udara yang langsung terhubung dengan air intake guna memaksimalkan performa.

Posisi dan desain tangki bahan bakar dibuat lebih rendah untuk memberikan area yang makin luas bagi pengendara saat menunduk guna meningkatkan aerodinamika dan stabilitas. Honda menilai posisi berkendara ini tetap nyaman dan fleksibel untuk penggunaan di trek balap ataupun berkendara di jalanan kota.

Baca juga: Honda CBR650R, Segar Tampilan Dan Tembus Euro5

Model ini memiliki desain knalpot yang terletak di tengah untuk memberikan kesan ramping sekaligus menjadi ciri khas CBR600RR. Mesin baru 4 silinder DOHC berkapasitas 599 cc diklaim mempunyai tenaga maksimal 119,3 dk pada putaran 14.000 rpm. Model ini memiliki torsi puncak 64 Nm pada 11.500 rpm.

Beberapa ubahan pada komponen mesin pun dilakukan seperti camshaft dan crankshaft untuk meningkatkan percepatan putaran, bentuk inlet port, memperbesar diameter throttle bore, optimalisasi ukuran berbagai bagian pipa knalpot hingga ubahan pada pengaturan waktu bukaan katup (valve timing).

Lampu utamanya menggunakan teknologi LED. Spidometernya sudah menggunakan layar TFT full digital yang dilengkapi penerangan layar otomatis menyesuaikan kondisi cuaca sekitar. Layar penunjuk informasi ini mampu menampilkan 2 mode yang bisa dipilih, yakni Street dan Circuit.

Baca juga: All New Honda CBR600RR Super Sports Mulai Dijual September 2020

Motor ini dilengkapi assist / slipper clutch, yang membuat pengoperasian tuas kopling semakin ringan, sekaligus mengurangi efek engine brake saat pengendara menurunkan gigi transmisi. Throttle by wire juga diaplikasikan guna mendapatkan bukaan gas yang makin presisi.

CBR600RR juga sudah dibekali sensor Inertial Measurment Unit (IMU) untuk mendeteksi posisi angle sepeda motor. Komponen ini bekerja bersama Honda Selectabe Torque Control (HSTC) dan Engine Control Unit (ECU) untuk menjaga ban belakang tidak selip ketika berakselerasi dan menikung. Perangkat tersebut juga meminimalisasi ban depan terangkat saat akselerasi berlebihan.

Terdapat tiga mode berkendara yakni Fast Riding, Fun Riding, dan Comfortable Riding. CBR600RR juga memberi opsi bagi pengendara untuk membuat mode berkendara sendiri sesuai karakter berkendaranya melalui dua slot yang dapat mengatur tenaga (5 level), HSTC (9 level+off), wheelie control (3 level+off), dan engine brake (3 level).

Penyematan fitur Emergency Stop Signal (ESS) pada CBR600RR menunjang keselamatan pada saat pengereman mendadak, ESS secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat rem dioperasikan sehingga dapat memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

Baca juga: Dijual Di Indonesia, Ini Harga Resmi Honda CBR1000RR-R Fireblade

Pengereman depannya sudah dilengkapi double disc brake diameter 310 mm dengan Antilock-Braking System (ABS), dengan kaliper 4 piston. Sedangkan pada posisi belakang juga dilengkapi rem cakram diameter 220 mm berkaliper piston tungal dengan ABS.

CBR600RR juga dilengkapi Honda Electronic Steering Damper (HESD) dengan tiga mode penyetelan (hard, medium, soft). Komponen ini bekerja bersama IMU dan sensor kecepatan untuk menambah kestabilan saat melaju pada kecepatan tinggi dan menikung.

Lengan ayun (swing arm) terbuat dari bahan aluminium dibuat dengan bobot lebih ringan dan rigid. Motor ini dilengkapi suspensi depan Showa Inverted Telescopic dan suspensi belakang Showa Pro-Link with Gas-Chamber yang dapat disesuaikan kompresi dan rebound-nya.

Motor ini dipasarkan dengan harga Rp 550 juta On the Road Jakarta.