Hyundai Veloster N ETCR Sudah Siap Tempur!

Hyundai Veloster N ETCR Sudah Siap Tempur!

KabarOto.com - Balapan masa depan sepertinya sudah diseriusi oleh Hyundai. Melalui divisi Hyundai Motorsport sedianya akan berpartisipasi di kejuaraan mobil touring bertenaga listrik PURE ETCR.

Yup, PURE ETCR akan mempersilakan manufaktur menunjukkan kemampuannya dalam pengembangan mobil listrik massal. Merupakan transisi dari balapan hingar bingar letupan knalpot ke balapan tanpa polusi suara ataupun udara.

Baca juga: Hyundai Kepergok Tengah Uji Coba Calon Pesaing Suzuki Ignis

Hyundai Veloster N ETCR sudah disiapkan untuk bersaing dengan kompetitor sepanjang musim 2021. Oh iya, mobil balap listrik ini merupakan bagian dari pilar Hyundai untuk pengembangan teknologi kendaraan listriknya.

Hyundai Motorsport dan Hyundai N kini sudah saling membangun kepercayaan di masyarakat dengan potensi di balapan WRC hingga TCR melalui mobil jalan raya All new Hyundai i20 N.

Andrea Adamo, Hyundai Motorsport Team Principal mengatakan Hyundai melakukan upaya besar untuk mengembangkan mobilitas berkelanjutan untuk dunia yang lebih baik, dan tidak terkecuali motorsport.

"Itulah mengapa kami sangat senang memiliki kesempatan untuk membangun kesuksesan WRC dan TCR kami sebagai bagian menyambut persaingan di PURE ETCR,” ujar Andrea Adamo.



Hyundai Veloster N ETCR diyakini sebagai mobil balap listrik pertama dengan performa tinggi yang telah dipersiapkan Hyundai Motorsport. Meracik mobil balap ini dilakukan di pusat pengembangan di Alzenau, Jerman. Tempat di mana i30 N TCR dan i20 N Rally2 dikembangkan.

Purwarupa Veloster N ETCR sudah dimulai sejak September 2019 dan tanpa henti terus dilakukan hingga tutup tahun 2020. Mobil balap tanpa emisi, sistem gerak roda belakang dengan motor penggerak di tengah dan secara spesifik dibuat sesuai regulasi ETCR.

Williams Advanced Engineering turut campur tangan untuk memasok baterai 798-volt, ditempatkan di lantai mobil dan di antara double wishbone suspensi belakang. Sasis sama sekali berbeda dari mobil balap rancangan Hyundai Motorsport.

Baca juga: Spesifikasi Monster Hyundai i20 Coupe WRC

Tenaga dari empat motor listrik mampu menyentak 670 dk, dua tiap roda, masing-masing diteruskan ke satu transmisi gear ratio.



Sistem pengisian baterai cepat akan gunakan generator berbahan bakar hydrogen. Merupakan fitur baru Hyundai Generator yang dipastikan bebas polusi. Brand asal Korea ini memastikan bahwa generator akan tetap senyap beroperasi berbanding generator diesel.