POPULAR STORIES

Ini Teknologi Baru Off-Road Andalan Toyota Land Cruiser 300

Ini Teknologi Baru Off-Road Andalan Toyota Land Cruiser 300 Sumber Foto : Toyota Global

KabarOto.com – Toyota Land Cruiser sering disebut-sebut sebagai rajanya off-Road. Dengan melihat performanya, Land Cruiser memiliki kapabilitas untuk menjajal jalur ringan dan berat.

Dalam keadaan standar, Land Cruiser 300 ini memiliki sistem driving mode Multi Terrain yang mampu mengubah pengaturan rem, suspensi dan parameter mesin. Saat kondisi low-range ada pengaturan Auto, Sand, Mud, dan Rock. Untuk pengaturan High-range menawarkan mode Auto, Dirt, Sand, Mud, dan Deep Snow.

Baca Juga : Resmi Meluncur, Toyota Land Cruiser 300 Tampil Futuristik!

Tuas mode berkendara

Pengaturan pemilihan mode tersebut bisa dilakukan dengan mudah, cukup memutar tombol di dekat driver di konsol tengah. Tetapi, yang menarik dari Land Cruiser terbaru ini adalah fitur Crawl Control System yang memastikan mobil berakselerasi ke depan secara bertahap.

Jadi, fitur ini untuk membantu pengemudi agar tidak perlu menekan pedal gas yang memungkinkan terjadinya tekanan gas yang berulang lantara mengikut medan jalan. Adanya sistem tersebut, pengemudi hanya menjaga ritme laju kendaraannya dengan pedal rem dan pengendalian setir saja.

Sasis baru TNGA-F

Saat Crawl Control aktif, fitur Turn Assist yang mengerem roda belakang saat menikung tajam untuk membantu mengurangi radius putar yang lebih baik. Lalu, ada perbedaan penguncian depan, tengan dan belakang jika Anda dalam berada di situasi yang sulit. Sobat bisa mengaktifkannya dari tombol di konsol tengah saja.

SUV ini juga memiliki ground clearance hingga 230 milimeter, sedangkan sudut depan mencapai 320 dan sudut belakang adalah 26,50. Dengan sudut tersebut dan penggunaan sasis baru TNGA-F sangat memungkinkan Land Cruiser diajak ke medan off-road ringan dan berat sekalipun.

Baca Juga : Toyota Land Cruiser Prado Edisi Spesial Meluncur Di Jepang

Sistem Electronic-Kinetic Dynamic Suspension

Tidak lupa, untuk memberikan kenyamanan saat melewati jalur off-road ada sistem Electronic-Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS). Berfungsi mengurangi kontak ban ke kabin. Alhasil, mengurangi goncangan berlebih ke dalam kabin.

Untuk model baru ini hadir dalam dua mesin baru dan memiliki kapasitas lebih kecil, yakni unit bensin V6 3.500 cc twin-turbo yang mampu menghasilkan tenaga hingga 409 dk dengan torsi 650 Nm. Dan, unit diesel V6 3.300 cc twin-turbo yang menghasilkan tenaga 304 dk dengan torsi 700 Nm. Tenaga tersebut dipadukan transmisi otomatis Direct Shift 10 percepatan.