POPULAR STORIES

Jadi Raja Kualifikasi MotoGP 2021, Fabio Quartararo Mendapatkan BMW M5 CS

Jadi Raja Kualifikasi MotoGP 2021, Fabio Quartararo Mendapatkan BMW M5 CS Sumber Foto : BMW M GmbH

KabarOto.com – Pada sesi kualifikasi terakhir MotoGP 2021 lalu tuntas digelar di Sirkuit Ricardo Tormo pada Sabtu (13/11).

Dalam sesi tersebut, Jorge Martin (Pramac Racing) berhasil tampil sebagai pembalap tercepat dengan waktu 1:29,936 detik. Bagi Martin, ini merupakan pole position keempat dari 18 sesi kualifikasi sepanjang musim 2021.

Tetapi, Martin bukanlah sosok yang paling sering meraih pole position. Pasalnya, predikat itu jatuh kepada Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo). Tercatat, Pecco mampu meraih enam pole sitter MotoGP 2021. Ia mengamankan start terdepan di Qatar, Aragon, San Marino, Americas, Emilia Romagna, dan Algarve.

Baca juga: Hasil MotoGP Valencia 2021 : Ducati Cetak Sejarah, Martin Rookie Of The Year

Meski demikian, status raja kualifikasi MotoGP 2021 menjadi milik Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) walaupun hanya meraih lima kali pole position. Meskipun hanya terpaut satu pole position dari rival terberatnya, El Diablo mampu tampil lebih konsisten dibanding Bagnaia dalam sesi kualifikasi.

Hal itu terlihat pada klasemen akhir BMW M Award yang digunakan untttuk menentukan predikat Best Qualifier MotoGP 2021.

“BMW M Award sangat penting bagi kami. MotoGP adalah puncak dari balap motor dan sangat penting bagi kami untuk mengenali penampilan luar biasa dari para pembalap MotoGPO musim ini. Setiap akhir pekan, mereka menampilkan performa yang luar biasa di trek,” ungkap Franciscus Van Meel selaku CEO BMW M GmbH melalui peryataan resmi.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Valencia 2021 : Jorge Martin Raih Pole Position

Penyerahan kunci dari Franciscus Van Meel ke Quatararo

Pada kompetisi BMW M Award, sang rider bakal mendapatkan poin besar berdasarkan posisinya pada sesi kualifikasi. Alokasi poin yang diperebutkan sama dengan yang digunakan pada sesi balapan. Usai 18 sesi kualifikasi MotoGP, pembalap bernomor 20 sukses menduduki klasemen BMW M Award 2021 dengan total Raihan 318 poin.

Sesuai tradisi yang sudah dimulai sejakj 2003, raja kualifikasi MotoGP bakal mendapatkan hadiah berupa mobil istimewa dari BMW. Untuk musim ini, pabrikan asal Jerman itu memberikan BMW M CS berwarna hijau gelap metalik untuk pemenang BMW M Award 2021.

“Dengan senang hati, kami mempersembahkan BMW M5 CS sebagai pengakuan atas penampilannya di sesi kualifikasi. Selamat Fabio, atas gelar juara dunia dan kembali memenangkan BMW M Award. Ini akan menjadi tahun yang isimewa bagi kami di BMW M, karena kami akan merayakaan ulang tahun ke-50 kami. Dan, rencanannya sudah dibuat untuk acara peringatan di MotoGP,” lanjut Van Meel.

Baca juga: Terjual Sebelum Meluncur Di GIIAS 2021, BMW M4 Competition X KITH Dijual Hampir Rp3 Miliar

BMW M5 CS merupakan unit hasil pengembangan dari BMW M GmbH dari model CS yang sangat sporty. Tentu, mobil ini dibuat sangat terbatas. Begitu pula dengan spesifikasi mobil ini yang special.

Bicara soal performa, mobil spesial ini dibekali mesin V8 4.400 cc yang mampu menghasilkan tenaga 635 dk dengan torsi 750 Nm, tenaga tersebut disalurkan ke semua roda melalui system xDrive dan disambung ke transmisi otomatis kopling ganda Steptronic 8 percepatan.

Dari hasil tes, mobil ini dapat melaju 0-100 kpj tuntas dalam 2,9 detik saja. Bicara soal harga, mobil ini dibanderol sekitar USD142.995 atau setara Rp 2,030 miliar.

Berikut klasemen akhir BMW M Award 2021 :

  1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) 318 poin

  2. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) 303 poin

  3. Jack Miller (Ducati Lenovo) 255 poin

  4. Johann Zarco (Pramac Racing) 220 poin

  5. Jorge Martin (Pramac Racing) 181 poin

  6. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) 138 poin

  7. Joan Mir (Suzuki Ecstar) 123 poin

  8. Marc Marquez (Repsol Honda) 119 poin

  9. Maverick Vinales (Aprilia Racing) 118 poin

  10. Pol Espargaro (Repsol Honda) 118 poin

  11. Alex Rins (Suzuki Ecstar) 111 poin

  12. Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha) 102 poin