Profil - MINI John Cooper Works Countryman

Profil - MINI John Cooper Works Countryman Terdapat 3 sektor yakni mesin, eksterior, dan interior yang menjadi perbedaan paling signifikan pada varian Countryman S dan Countryman JCW (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Berbeda dengan varian MINI lainnya, Countryman punya dimensi paling besar di antara saudara-saudaranya. Varian ini juga merupakan kasta tertinggi di tipenya, yakni John Cooper Works (JCW). Memang apa saja bedanya dengan Countryman S?

Terdapat 3 sektor yakni mesin, eksterior dan interior yang menjadi perbedaan paling signifikan pada varian Countryman S dan Countryman JCW. Mesin mobil ini berkapasitas 1.998 cc dengan konfigurasi 4 silinder.

Di dalam jantungnya itu, tersemat teknologi Twin Power Turbo sehingga mampu memuntahkan torsi puncak 350 Nm pada rentang 1.450 - 4.500 rpm dan tenaga maksimal 231 dk pada 6.000 rpm. Tenaga itu disalurkan pada sistem transmisi Steptronic Sport Automatic 8-percepatan.

Countryman JCW sendiri sudah dilengkapi layout penggerak 4 roda (AWD). Berbeda dengan Countryman biasa, model yang sudah terkesan sporty ini memiliki fitur mesin lebih banyak seperti piston khusus, charge-air cooler besar, serta radiator tambahan.

Baca Juga: Plaza MINI Auto Raya Resmi Dibuka di Gading Serpong, Tangerang

Sebagai tambahan, sistem exhaust sport tidak hanya mendukung karakteristik performa dari mesin, namun juga memberikan estetika visual. Sementara controllable exhaust flap dan geometri khusus di tailpipe membantu untuk hasilkan suara mesin yang lebih garang, selain itu pada bagian exhaust sport juga memiliki penutup chrome tailpipe ganda.

Semua warna termasuk warna spesial Rebel Green punya livery khas JCW sebagai aksen khas. Dari segi tampilan, mobil ini sudah dilengkapi dengan body kit JCW yang menguatkan aksen sporty, sampai penyematan berbagai komponen pembelah udara, terutama lewat kehadiran cooling inlet besar di kap depan, berbeda dengan tipe Countryman S yang lebih terkesan retro dan elegan tanpa body-kit.

Dimensinya sendiri, mobil ini memiliki panjang 4.299 mm, lebar 1.822 mm, dan tinggi 1.577 mm

Sementara itu di bagian interior, Countryman JCW punya desain jok ala mobil balap. Ditunjang kursi belakang yang dapat digeser secara longitudinal hingga 13 cm dengan pembagian 60:40, serta tambahan fleksibiltas dari elemen sandaran yang dapat disesuaikan sudut kemiringannya.

Tersedia pula opsi penambahan bangku di bagasi untuk 2 orang dan fitur tailgate elektrik, yang memungkinkan bagasi dibuka tanpa harus memencet tombol.

Head display pada mobil ini dilengkapi MINI Connected yang juga berfungsi sebagai asisten personal saat berkendara. MINI Connected mengintegrasikan New MINI John Cooper Works Countryman dengan penggunanya melalui perangkat teknologi seperti Apple iPhone dan Apple Watch.

Harga yang ditawarkan adalah Rp 1.250.000.000 (bisa berubah sewaktu-waktu).

Tipe

MINI S Countryman

Mesin

Tipe

2.0L, 4 silinder turbocharger

Isi silinder

2.000 cc

Tenaga Maksimum

194 dk / 5.500 rpm

Torsi Maksimum

280 Nm / 1.600 rpm

Transmisi

8 speed A/T Steptronic

Suspensi dan Kaki-Kaki

Suspensi Depan

Single link spring strut

Suspensi Belakang

Multi link

Dimensi

Panjang x lebar x tinggi

4.333 x 1.819 x 1.561 mm

Jarak sumbu roda

2.775 mm

Pelek

18 inci

Harga

Rp 1.250.000.000