Wuling Hong Guang Plus Calon Pesaing Toyota Voxy Dan Nissan Serena

Wuling Hong Guang Plus Calon Pesaing Toyota Voxy dan Nissan Serena

KabarOto.com - SAIC General Motors Wuling Motor Tiongkok atau di Indonesia dikenal dengan sebutan Wuling, baru-baru ini telah mengungkapkan minivan terbarunya bernama Hong Guang Plus, minivan ini baru dijual di pasar otomotif Tiongkok pada oktober 2019 dan dibangun oleh perusahaan patungan antara SAIC, General Motors, dan Wuling. Hong Guang sendiri merupakan model paling populer di pasar otomotif Tiongkok dengan penjualan lebih dari 4,5 juta unit sejak diperkenalkan ke pasar.

Diberi nama Hong Guang Plus yang berarti merupakan minivan lebih bongsor dari model Confero yang dijual di Indonesia dan kata Plus berarti mengusung dimensi lebih besar. Adapun dimensinya memiliki panjang 4.722 mm, lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.810 mm, dengan jarak sumbu roda 2.800 mm, menjadikannya sebagai minivan terbesar dan terpanjang dalam keluarga Hong Guang.

Desainnya mengadopsi filosofi desain ramping dan tangguh keluarga Hong Guang dengan garis-garis sejajar dan miring yang berasal dari hanzi Tiongkok, menggunakan atap bergaya seperti mengambang, bentuk lampu yang mengotak, foglamp dengan posisi vertikal, dan desain gril yang tidak jauh berbeda dengan model Almaz.

Baca juga: Wuling Almaz Mobil Terbaik Forwot Car Of The Year 2019

Hong Guang Plus menampilkan bentuk bagian belakang tegak, lampu belakang vertikal dan pintu bagasi yang terlalu polos sehingga tidak menampilkan kesan elegan dan terlihat biasa saja. Lalu yang membedakan dengan trim tertinggi dengan trim dibawahnya, trim tertinggi memiliki wiper belakang dan bingkai jendela berwarna hitam. Wuling Motors juga menawarkan 4 pilihan warna eksterior diantaranya Celestine Blue, Jet Black, Polar White dan Sterling Silver.

Masuk ke bagian interiornya, desainer memilih untuk menerapkan desain minimalis dengan sangat sedikit tombol dan tampilan sudut lebar untuk sistem infotainment. Menariknya, Hong Guang Plus menghadirkan jok berlapis bahan kulit dengan konfigurasi jok baris kedua model captain seat, ditambah pengaturan AC model putar, kamera mundur, kontrol audio, dan cruise control pada varian tertinggi, serta akomodasi yang baik dengan menawarkan banyak ruang penyimpanan di dalam kabin.

Hong Guang Plus ditenagai mesin 4 silinder turbocharged berkapasitas 1.500 cc yang terhubung dengan transmisi manual 6 percepatan. Mesin ini menghasilkan tenaga 145 dk dan torsi maksimal 245 Nm pada 2.200 – 3.900 rpm yang setara dengan mesin 2.400 cc pada 1.400 rpm.

Di negara asalnya, mobil ini dijual dengan kisaran Rp 130 juta hingga Rp 160 juta untuk tipe tertinggi. Jika model ini masuk ke pasar otomotif Indonesia, maka mobil ini akan menjadi penantang dari minivan asal Jepang yaitu Toyota Voxy dan Nissan Serena dengan harga yang lebih murah. (Nora Dian Pratama)