Ini 10 Mobil Irit BBM yang Dipasarkan di Indonesia

Deni F Siahaan
Deni F Siahaan 05 Jun 2018 - 16:36
Ini 10 Mobil Irit BBM yang Dipasarkan di Indonesia
Mobil hemat BBM

KabarOto.com - Salah satu pertimbangan paling mendasar orang membeli mobil, tentunya masalah harga dan juga model, serta tak kalah penting adalah efisiensi bahan bakar. Tak bisa dipungkiri, iritnya konsumsi bahan bakar akan memengaruhi pengeluaran bulanan, terlebih jika mobil tersebut digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun berbicara mengenai konsumsi bahan bakar yang irit, tidak hanya tergantung kepada pilihan mesin. Faktor pendukung lainnya adalah gaya berkendara dan juga kondisi jalan yang dilalui.

Jika berkendara secara ugal-ugalan, bukan tidak mungkin konsumsi BBM jadi terkesan boros. Sama halnya jika kita menghadapi jalan dengan tingkat kemacetan yang tinggi.

Berikut ini KabarOto mencoba untuk merangkum 10 mobil yang di atas kertas memiliki konsumsi bahan bakar yang irit dan yang pasti tidak menguras isi dompet ya, sob!

Datsun GO+ Panca

Ini Dia Daftar Mobil Irit di Indonesia

1. Datsun GO dan GO+ Panca

Mobil yang mengisi segmen low cost green car (LCGC) ini tentunya diwajibkan untuk memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Mobil yang dipersenjatai dengan mesin 1.200 cc tersebut diklaim mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar sebesar 1 liter bensin untuk jarak sejauh 23,5 kilometer.

Pencapaian tersebut diraih karena menggunakan jenis bahan bakar yang baik, minimal oktan 92 untuk menjaga performa mesin dan kendaraan secara keseluruhan. Agar dapat tercipta konsumsi bahan yang irit.

Suzuki Ignis

2. Suzuki Ignis

Mobil kedua yang tak kalah irit adalah Suzuki Ignis yang dibekali dengan mesin berkonfigurasi 1.197 cc, dengan transmisi manual 5 percepatan. Di mana mobil ini mampu melaju sejauh 23,64 kilometer hanya dengan satu liter bensin.

Sementara yang menggunakan transmisi otomatis AGS bisa menempuh 23,44 kilometer hanya dengan satu liter bensin. Tentunya pengujian ini menggunakan bahan bakar dengan standar minimal oktan 92.

BMW 320d

3. BMW 320d

Meski menyandang gelar sebagai sedan Eropa, namun imej boros seakan jauh dari BMW 320d. Pasalnya, sedan yang dilengkapi mesin diesel 1.998 cc ini mampu mencatatkan konsumsi bahan bakar yang sangat irit, hinga 23,3 kilometer dengan satu liter BBM.

Mesin diesel yang hemat tersebut disalurkan melalui sistem transmisi 8 percepatan otomatis.

Honda Civic Turbo

4. Honda Civic Turbo

Mobil selanjutnya kembali dari segmen sedan, dimana medium sedan milik Honda ini meski memiliki tampilan yang sporty dan terkesan gahar, ternyata memiliki konsumsi bahan bakar yang irit.

Honda Civic Turbo sendiri dipersenjatai mesin bensin 1.500 cc Turbo. Dengan mesin tersebut Honda Civic Turbo mampu menempuh jarak sampai dengan 21 kilometer, hanya bermodalkan satu liter bensin.

Mitsubishi Mirage

5. Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage menjadi salah satu mobil pilihan KabarOto yang memiliki konsumsi bahan bakar cukup baik. Berdasarkan hasil di atas kertas, mobil ini mampu melaju hingga 20,4 kilometer hanya dengan satu liter bensin, loh!

Mobil mungil ini juga hadir sebagai jawaban Mitsubishi untuk kendaraan-kendaraan ramah lingkungan dan efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Performa Mitsubishi Mirage sedikit mencerminkan ciri khas Mitsubishi sebagai sebuah kendaraan yang tangguh, meskipun mencangkok mesin yang relatif kecil.

Renault Duster

6. Renault Duster

Berbeda dari model-model sebelumnya, mobil yang tak kalah irit berikut ini hadir dari segmen sport utility vehicle (SUV). Ia adalah Renault Duster, yang di atas kertas mobil ini mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar hingga 21 km/liter untuk penggunaan di luar kota.

Keunggulan lain mobil ini, selain dikenal irit BBM, juga memiliki pengaturan suspensi yang sangat nyaman dengan bantingan yang begitu lembut.

Fakta menarik lainnya, tidak ada mobil sejenis di segmen low SUV yang telah mengadopsi penggerak 4x4.

Renault Duster sendiri ditawarkan dengan pilihan mesin diesel turbo berkapasitas 1.461 cc.

Mesin 4-silinder ini dapat menyemburkan tenaga hingga 110 dk pada 4.000 rpm. Cukup kecil memang untuk ukuran SUV, namun torsinya sangat besar mencapai 245 Nm pada 1.750 rpm.

Honda Brio Satya

7. Honda Brio Satya

Mobil irit BBM selanjutnya kembali dari kategori mobil LCGC, versi murah Brio ini memiliki catatan cukup impresif pada efisiensi bahan bakar.

Untuk pengendaraan di dalam kota, konsumsi bahan bakar Brio sanggup mencapai 15,6 km/liter, sementara untuk pemakaian jarak jauh ke luar kota dengan rute jalan tol dan kombinasi, torehan konsumsi bahan bakar Honda Brio Satya menembus 21,8 km/liter.

Torehan tersebut diraih dari Honda Brio Satya tipe E CVT. Mobil ini didukung dengan mesin 4 silinder segaris, SOHC, 16 katup, i-VTEC + DBW, dengan kapasitas silindernya 1.198 cc.

Untuk menunjang konsumsi bahan bakar yang irit, sistem asupan bahan bakarnya menggunakan PGM-FI, yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 86 dk pada 6.000 rpm dan torsi puncaknya mencapai 109 Nm pada 4.500 rpm.

Toyota Calya

8. Toyota Calya - Daihatsu Sigra

Masih dari kategori LCGC, mobil hemat BBM lainnya adalah si kembar Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Mobil berjenis low MPV ini memiliki konsumsi bahan bakar yang irit, dan tercatat mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar hingga 19 km/liter.

Masuk dalam kategori LCGC (Low Cost Green Car) tentu membuat Calya-Sigra otomatis masuk dalam daftar mobil irit. Tetapi catatannya ternyata mampu melebihi ekspektasi. Alhasil mobil ini pun bisa dikatakan ramah di kantong, dan juga memberikan kenyamanan yang oke saat berkendara.

Namun yang menjadi kelemahannya adalah impresi tarikannya agak sedikit kurang baik pada putaran bawah yang diwarnai munculnya suara gerungan yang bisa sedikit mengganggu.

Namun melihat banderolnya yang sangat terjangkau dan efisiensi BBM di atas rata-rata, mobil ini sangat layak untuk dimiliki.

Nissan March

9. Nissan March

Nissan March memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup baik. Jika awalnya March hanya dibekali mesin berkapasitas 1.200 cc, Nissan kemudian menghadirkan varian mesin yang lebih besar yakni 1.500 cc pada versi facelift.

Meski kapasitas mesinnya lebih besar, tidak membuat reputasinya sebagai mobil irit BBM tersebut hilang, namun justru catatannya tetap impresif dengan menorehkan angka di atas 20 km/liter.

March yang begitu terkenal di Jepang, juga mendapat reputasi oke di Indonesia meski sudah lama tidak mendapat generasi baru.

Kia Picanto

10. Kia Picanto

Mobil terakhir datang dari pabrikan asal Korea Selatan, Kia melalui city car andalannya Picanto. Mobil berukuran mungil ini menawarkan karakteristik berkendara yang fun to drive, serta mengedepankan efisiensi BBM yang tak kalah baik.

Secara garis besar, Kia Picanto menyajikan pengemudian mobil yang terasa ringan dan mudah dengan dimensi bodi kecil, yang cocok untuk menembus lalu lintas kota yang ramai.

Untuk menunjang konsumsi BBM yang irit, Kia Picanto telah dilengkapi dengan fitur ECO Mode yang berfungsi membuat mesin mampu bekerja lebih efisien dalam mengkonsumsi BBM.

Fitur tersebut memberikan informasi kepada pengemudi kapan harus menaik-turunkan gigi, sekaligus mengatur rpm mesin, catatan konsumsi BBM KIA Picanto bisa menembus angka hingga 21,2 km/liter.

Editor : rio