2 Tahun Sekali, Wajib Cek Karet Slang Mobil

2 Tahun Sekali, Wajib Cek Karet Slang Mobil Slang wajib dicek 2 tahun sekali (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Karet slang pada kompartemen mesin kendaraan juga punya masa pakai, lho! Apalagi mobil kesayangan Sobat Kabaroto dipakai setiap hari beraktivitas, pastinya pengecekan juga harus menyeluruh.

Hal tersebut juga diamini oleh Supriyanto dari Datsun Jakarta Racing Team (DJRT). Ia bilang kalau beberapa karet dari slang A/C dan radiator bisa rusak seiring pemakaian.

Produk kualitas rendah lebih rentan rusak dan getas (Foto: Kipli

"Iya, totalnya kira-kira ada 7 karet slang (hose). Ada yang jual di toko spare part untuk orisinal dan yang meteran (dijual per meter). Asal materialnya bagus, enggak masalah pakai yang meteran," ujar Supri, sapaan akrabnya.

Baca Juga: Upgrade Selang, Kaliper, Dan Cakram Besar Tak Menjamin Rem Pakem

Pria yang bermarkas di Karang Mulya, Tangerang itu juga menambahkan kalau slang karet tersebut punya umur atau masa pakai, "Sekitar 2 tahunan untuk pemakaian sehari-hari, itupun tergantung kualitas dari karet. Kalo OEM (original equipment manufacturer) biasanya umurnya lebih panjang dan lebih lama getasnya ketimbang kita beli yang murah atau kualitas dibawahnya," imbuhnya.

Jangan lupa pakai sealant agar tak mudah bocor (Foto: Kipli)

Untuk harga sepaket karet slang OEM Honda Jazz lansiran 2008 dibanderol seharga Rp 700 ribu. Oiya, jangan lupa juga untuk mengoleskan sealant pada selang baru agar air radiator tak rembes.

Posisi slang tiap mobil yang berbeda membuat pemilik sering kesulitan bongkar pasang, serahkan saja pada ahlinya (Foto: Kipli)

"Sebenarnya mudah untuk bongkat pasang karena hanya menggunakan clamp dan tang jepit, namun jika dirasa tak mampu mengganti sendiri, bawa saja ke bengkel langganan, waktu pengerjaan paling lama 1-2 jam," tutupnya.