POPULAR STORIES

2021, Mobil Nasional Turki Mengaspal

2021, Mobil Nasional Turki Mengaspal Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (istimewa)

KabarOto.com - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, berencana untuk meluncurkan mobil nasional (mobnas) pada tahun 2021.

Mobnas memang menjadi impian lama bagi warga Turki. Jika hal tersebut bisa menjadi kenyataan, mobil ini diyakini bakal menjadi prioritas utama masyarakat Turki dalam memilih mobil. Demikian dinukil Reuters, Rabu (8/112017).

Selama bertahun-tahun, partai AK yang dipimpin oleh Erdogan telah memiliki tujuan untuk menghasilkan produksi mobil nasional. Hal itu diharapkan menjadi bukti kekuatan ekonomi dari Turki.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Erdogan telah menentukan konsorsium yang di dalamnya terdapat lima perusahaan, termasuk operator seluler Turkcell dan induk TV Vestel, yang telah dipilih untuk memproduksi mobil tersebut.

"Kami tidak ingin ada penundaan dalam proyek ini, dan kami tidak akan mentoleransi hilangnya waktu," ujar Erdogan, sekaligus memberikan informasi prototipe mobil tersebut akan selesai paling lambat pada 2019.

"Saya akan menjadi pelanggan pertama untuk mobil baru ini, dengan syarat saya akan membayarnya," dia menambahkan.

Hingga kini belum ada rincian tentang mobnas tersebut. Namun pada 2015, pemerintah setempat telah membuat kesepakatan dengan National Electric Vehicle Sweden (NEVS) untuk menggunakan platform sedan Saab 9-3.