POPULAR STORIES

3 Masalah Ini Sering Hantui Spidometer Motor

3 Masalah Ini Sering Hantui Spidometer Motor Kipli/ DAM

KabarOto.com - Panel spidometer menampilkan beragam macam informasi tak hanya indikator kecepatan saja. Ada takometer, odometer, fuel meter hingga gir indikator dan lainnya.

Sub Department Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman menjelaskan, saat ini ada 2 jenis spidometer yang banyak digunakan pada sepeda motor, yaitu analog dan digital.

“Di era sekarang, secara umum panel spidometer digital sudah menggunakan LED sebagai penerangan dan LCD sebagai displaynya,” ujar Ade.

Panel spidometer juga terkadang mengalami beberapa masalah di beberapa komponen, terutama ada bagian layar yang sudah dilengkapi LCD (Liquid Crystal Display). Sehingga dapat mengganggu aktivitas berkendara.

1. Panel Spidometer Berembun

Tampilan panel spidometer terhalang karena terdapat uap air atau embun yang menempel di bagian atas mika penutup. Biasanya terjadi ketika sepeda motor habis dicuci atau juga ketika berkendara saat hujan.

Penyebabnya kemungkinan karena ada celah antara mika penutup, atau bisa juga terdapat retakan. Sehingga panas dari mesin menyebabkan air yang masuk ke dalam unit panel spidometer menguap dan tertahan di dalam.

Solusinya, bisa mengecek bagian spidometer dan memeriksa apalah terdapat celah di antara penutup, atau jika terjadi kerusakan di bagian mika yang berwarna bening, bisa langsung menggantinya.

Supaya bisa menutup sempurna, disarankan untuk melakukan penggantian kepada ahlinya, seperti ke bengkel resmi Honda atau AHASS.

Baca Juga: Spidometer Motor Tiba-Tiba Tak Berfungsi? Mungkin Ini Penyebabnya

2. Panel spidometer Sunburn

Beberapa model terbaru sepeda motor menggunakan panel spidometer tipe LCD, maka masalah seperti Sunburn sering sekali terjadi.

Sunburn adalah kerusakan di bagian panel spidometer sehingga blank, atau terdapat noda hitam terbakar, dan layar tidak memunculkan angka atau informasi lainnya.

Kerusakan ini biasanya disebabkan ketika sepeda motor berada di ruangan terbuka, dan terpapar sinar matahari langsung cukup lama, sehingga menyebabkan panel meter jenis LCD terjadi kerusakan.

Mengganti panel LCD spidometer dengan yang baru adalah solusinya. Tapi tentunya ada tips mudah supaya hal tersebut tidak terjadi diantaranya, menyimpan atau parkir sepeda motor di tempat yang teduh, atau terhindar dari sinar matahari secara langsung.

Bisa memilih tempat parkir di area dalam ruangan atau jika terpaksa disimpan ditempat terbuka, diusahakan untuk menutupnya dengan cover atau benda lainnya yang aman.

Antisipasi lainnya, bisa melapisi mika panel spidometer dengan plastik film yang biasa dipasang di kaca-kaca mobil, kita bisa pilih yang 20-30%, bahkan warna plastik filmnya juga banyak pilihan, namun pastikan display masih terlihat.

Baca Juga: Ubah Tampilan Speedometer All New Toyota Innova Jadi Lebih Mewah

3. Panel Spidometer Memudar dan Tidak Terbaca

Jika indikator spidometer tidak bergerak, atau tidak bisa menampilkan informasi seperti angka kecepatan sepeda motor, ada kemungkinan ada beberapa bagian komponen seperti kabel yang terputus atau rusak.

Terkadang ada juga kondisi dimana panel spidometer memudar atau hanya berkedip.

Masalah ini terjadi pada sepeda motor yang sudah berusia lebih dari 6 tahun, penyebabnya bisa karena kelistrikan yang disebabkan aki yang sudah lemah dan bahkan tak berfungsi.

Terkadang panel spidometer hanya berkedip dan menunjukan tampilan yang tidak stabil ketika dinyalakan.

Aki atau baterai sepeda motor memang menjadi komponen yang paling penting, sehingga jika terjadi kerusakan atau tegangannya sudah lemah maka akan merembet pada masalah yang lainnya.