POPULAR STORIES

45 Tahun Wahana Artha Group Sebuah Hasil Kerja Keras Dan Dukungan Konsumen

45 Tahun Wahana Artha Group Sebuah Hasil Kerja Keras dan Dukungan Konsumen 45 Tahun Wahana Artha Group Sebuah Hasil Kerja Keras dan Dukungan Konsumen (Foto: Yudi Atmaja/kabaroto)

PT. Astra Honda Motor (AHM) Tahun 2017 menjadi pembuktian tentang kerja keras “Wahana Artha Group” yang telah menunjukkan cksistensi dan kemampuan bertahan dan berkembang. Pada 6 Agustus mendatang Wahana Artha Group (WAG) genap memasuki usia ke 45 tahun.

Dalam sambutan kegiatan buka puasa bersarna dengan pimpinan Media yang berlangsung di hotel terbaru Sahari Investment, hotel Yello Manggarai. Chief Executive Officer Wahana Artha Group, Robbyanto Budiman menjelaskan pengemhangan usaha WAG menitik beratkan kepada usaha yang bertumpu kepada potensi pasar konsumen berpenghasilan menengah.

“Kami lahir dan fokus di bidang usaha otomotif roda dua sejak tahun 1972 sebagai Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang melalui PT. Wahana Makmur Sejati (WMS). Dengan berjalannya waktu, WAG telah mengembangkan berbagai lini dengan tetap berfokus kepada bisnis otomotif roda dua terintegrasi yaitu PT. Wahana Makmur Sejati (WMS), Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Artha Ritelindo (WARI) yang menekuni bisnis ritel sepeda motor Honda dari cabang di Medan sampai dengan Kupang, PT. Tristar Transindo (TST), perusahaan transportasi logistik, PT. Wahana Kalyanamitra Mahardhika (WKM), perusahaaan customer loyalty program dan PT WOM Finance Tbk yang menjalankan bisnis consumer Finace. Selain usaha otomotif roda dua, bidang usaha lainnya dijalankan melalui sub holding Sahari Investment yang menekuni usaha perhotelan dan Food/Beverage. Jika diperhatikan, maka strategi WAG untuk menekuni usaha baru adalah selalu yang menitikberatkan kepada potensi pasar kelas menengah”, papar Robbyanto.

Khusus untuk usaha sepeda motor Honda, Chief Marketing Officer Wahana, Edi Setiawan menambahkan, “Kepercayaan konsumen terhadap Honda dari tahun ke tahun konsisten meningkat. Terbukti pangsa pasar Honda di wilayah kami Jakarta dan Tangerang sampai dengan Mei 2017 sekitar 72%, jauh mengungguli pesaing. Indeks kepuasan pelanggan juga kami pastikan selalu teijaga dengan baik”.

Edi juga membeberkan data penjualan Januari Mei 2017 sebanyak l55.004 unit (all type); Honda tipe matik jadi primadona pendukung penjualan dengan angka 136.68] unit (AT all type) kemudian tipe sport menduduki posisi kedua penyumbang total penjualan dengan angka 9.947 unit (all type). “ Pasar sepeda motor Honda telah berubah sesuai denganan pertumbuhan GDP. Tipe sport lebih dipilih pcngguna sepeda motor dibanding tipe cub,” tambah Edi.

Senada dengan Edi, Head of Marketing Wahana, Ario menjelaskan kondisi meningkamya tingkat pembelian konsumen berkat produk yang adaptif terhadap keinginan pasar dan berkualitas, layanan after sales yang mumpuni, hingga ketersedian suku cadang yang baik. Wahana didukung oleh H9 dealer dan 347 Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) yang tersebar di wilayah Jakarta dan Tangerang. Wahana mendata di Januari hingga Mei terdata sebanyak 1.671.109 motor menggunakan layanan AHASS.

Sikap pelayanan total juga terlihat pada layanan pemudik yang memilih menggunakan sepeda motor dalam menyambut tradisi mudik Lebaran. Agar kenyamanan terjaga selama 22 hingga 29 Juni Wahana siapkan Bale Santai Honda yang siaga 24 jam penuh di Area SPBU Jayanti, Tangerang. Tidak hanya tempat istirahat beragam layanan mulai dari pengecekan sepeda motor, kid zone, ruang istirahat hingga penyediaan penganan berbuka puasa gratis lengkap tersedia.

Selain prestasi di WMS, WAG melalui WAR] pada saat ini telah memiliki 27 cabang rite] penjualan motor Honda dengan lokasi di kota yang akan berkembang pesat seperti terakhir cabang Kotamabagu, Sulawesi Utara. TST dengan armada 450 unit truk telah menjadi mitra pilihan utama pengangkutan mobil, motor dan consumer goods dengan menjangkau wilayah Sumatera, Jawa, Bali dan Lombok. Pada saat ini WKM memiliki lebih dari 500 ribu database konsumen aktif motor Honda yang menikmati berbagai layanan dan kemudahan konsumen dalam diskon merchants dan aplikasi Honda Smart Community.