POPULAR STORIES

5 Kesalahan Pengendara Motor Wanita, Kelima Sering Terjadi

5 Kesalahan Pengendara Motor Wanita, Kelima Sering Terjadi

KabarOto.com - Saat ini di jalan banyak terlihat wanita mengendarai sepeda motor, untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Namun, banyak terlihat kesalahan yang dilakukan pengendara perempuan saat menunggangi motornya. Agus Sani, Instruktur Safety Riding Wahana Makmur Sejati menjelaskan kesalahan berkendara yang sering dilakukan para perempuan.

1.Pakai Rok Panjang Span

Naik motor dengan mengenakan rok span, melanggar lalu lintas. Rok panjang, akan menimbulkan kesulitan dalam mengontrol motor, apalagi kalau motor yang dikendarai adalah manual. Ketika berhenti, akan sangat sulit menjaga keseimbangan, karena rok membuat Anda tidak leluasa ketika menurunkan kaki.

Baca Juga:

Sebaiknya mengenakan celana panjang. Selain lebih aman, sudah pasti menjadi jauh lebih nyamansaat berkendara. Jika pun tetap mau kelihatan feminin dengan mengenakan rok, sebaiknya pilih yang nlebih lebar.

Namun, model inipun tetap harus waspada. Karena sering terjadi kaki menginjak rok sendiri ketika motor berhenti, membuat pengemudi hilang keseimbangan dan akhirnya terjatuh.

Pengendara motor wanita (Ilustrasi: AHM)

2. Pakai Tas Selempang atau Tas Tangan di Pundak

wanita identik dengan tas tangan atau tas selempang. Kebiasaan menggunakan tas tangan di pundak ini terbawa hingga berkendara. Padahal, mengendarai motor dengan posisi tas tersampir di bahu ini sangat membahayakan, karena mengundang terjadinya tindakan kriminal. Bisa saja, seseorang di belakang Anda sudah berencana untuk merampas tas, dan ini bisa membuat Anda terjatuh karena hilang keseimbangan.

Jika berencana membawa tas tangan, gantungkan di bagian depan atau simpan di balik jaket. Kalau kendaraan tidak memiliki gantungan depan seperti pada motor matik, tambahkan kait besi gantungan pada sepeda motor untuk menggantungkan tas.

3. Duduk Terlalu Maju

Kebanyakan perempuan mengendarai motor dengan posisi duduk terlalu maju, menyisakan bagian belakang jok yang begitu luas. Posisi ini sangat tidak dianjurkan, meski biasanya hal tersebut berhubungan dengan masalah tinggi badan.

Namun, posisi duduk terlalu maju juga memengaruhi refleks ketika membawa kendaraan. Jika tidak berhati-hati, kesiapan untuk menstabilkan kendaraan ketika terjadi hal tidak terduga pun bakan menjadi tidak akan maksimal.

4. Tidak Pegang Stang Sesuai Standar

Banyak Wanita memegang stang dengan cara umum. Ada beberapa wanita yang masih memegang stang dengan posisi menggenggam terbalik.
Tentu saja, ini sangat berbahaya dan tidak disarankan untuk terus dilakukan. Pasalnya, Anda akan sulit menarik rem meski posisi tangan ada dekat stang

Ada yang menyebut posisi tangan perempuan begitu, agar kulit tangan tidak terpanggang matahari dan menjadi hitam. Sebaiknya menggunakan sarung tangan.

Baca Juga:

5. Menyalip Tanpa Perhitungan

Banyak pengendara wanita tidak memperhatikan spion saat menyalip, sehingga tidk bisa melihat kondisi di belakang kendaraan. Lampu sein juga harus dinylakan saat akan berbelok. Kedua bagian motor ini harus diperhtikan saat mengendarai motor. Untuk menandakan jika akan berbelok, dan melihat situasi di belakang kendaraan.