5 Komponen Wajib Diperiksa Setelah Perjalanan Jauh

5 Komponen Wajib Diperiksa Setelah Perjalanan Jauh Ilustrasi (ADM)

KabarOto.com - Momen libur lebaran telah usai. Masyarakat kembali melanjutkan rutinitas dan kesibukan masing-masing dengan beragam sarana transportasi yang dipilih. Salah satunya dengan kendaraan pribadi, yakni mobil.

Umumnya, aktivitas mudik menggunakan mobil pribadi dapat menempuh perjalanan yang cukup jauh, ditambah kondisi kemacetan, medan jalan yang bervariasi, faktor cuaca, dan lain sebagainya, sehingga dapat mempengaruhi kondisi mobil itu sendiri.

Baca juga: Tak Hanya Ada Di Mobil, Ini Tips Hindari Blind Spot Di Sepeda Motor

Sebagian dari kita banyak menggunakan mobil pribadi yang sama dalam aktivitas sehari-hari dengan yang digunakan saat mudik. Oleh karena itu, Daihatsu bagikan tips untuk segarkan kembali kendaraan Sobat KabarOto agar tetap dalam kondisi prima. Terutama setelah digunakan dalam perjalanan panjang dan waktu yang lama.

1. Pastikan Sobat KabarOto memeriksa level pelumas. Kendaraan yang digunakan pada jarak jauh dan waktu yang lebih lama dari biasanya, maka tingginya suhu mesin dapat membuat kekentalan oli dan volume-nya berkurang.

"Pastikan tidak terdapat kebocoran dengan melihat adanya rembesan oli atau tidak," ujar Ben Faqih, People Development Department Head – Customer Satisfaction & Value Chain PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

2. Kondisi serta medan jalan yang bervariasi, memaksa komponen kaki-kaki bekerja ekstra dalam menopang kendaraan. Pastikan Sobat KabarOto memeriksa kondisi sokbreker, lower-arm, dan keausan ban beserta tekanan angin ban.

Baca juga: DFSK Beri 5 Tips Kembalikan Performa Mobil Setelah Mudik Lebaran

3. Pastikan ketebalan kampas rem masih dalam keadaan yang baik. Sobat dapat mengganti komponen ini apabila memang sudah mencapai batas maksimal dan jangan lupa untuk mengisi cairan rem sesuai rekomendasi yang telah ditentukan.

4. Kadang Sobat terpaksa mengisi bahan bakar tidak sesuai dengan oktan yang direkomendasikan karena langkanya ketersediaan bahan bakar di area tersebut. "Pastikan mengecek filter bahan bakar, dan dapat menggantinya untuk meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar," ujarnya.

5. Pastikan Interior kendaraan bersih dari sisa makanan dan minuman di dalam kabin. Lakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari kabin hingga bagasi agar tidak menyebabkan aroma yang tidak sedap dan terhindar dari masuknya serangga ke dalam kabin. Jangan lupa bersihkan saringan udara AC.