POPULAR STORIES

5 Tips Penting Cara Mudah Merawat Radiator Mobil

5 Tips Penting Cara Mudah Merawat Radiator Mobil Radiator memiliki cara kerja yang di dukung oleh tiga hal, diantaranya cairan pendingin, minyak pelumas dan udara. (Foto: Istimewa)

Radiator yang ada pada sebuah mobil merupakan bagian yang penting, fungsinya sebagai pendingin suhu mesin mobil. Di sini media online kabaroto menurunkan berita 5 langkah tips merawat radiator mobil. Berikut tipsnya.

Radiator memiliki cara kerja yang di dukung oleh tiga hal, diantaranya cairan pendingin, minyak pelumas dan udara. Tiga hal itu saling mendukung, dan untuk melakukan perawatan sendiri, mesti perhatikan hal tersebut. Untuk merawat radiator, bengkel Rapi radiator memberikan tips langkah mudah agar fungsi radiator tetap terjaga dengan baik dengan semestinya. Ini langkahnya.

1. Jagalah kebersihan radiator pada bagian luar. Bagian luar radiator terdapat kisi-kisi yang beperan sebagai jalur keluar masuknya angin. Saat jalur ini dipenuhi kotoran maka volume angin bisa terhambat dan akhirnya proses pendinginan jadi tidak maskimal. Bro and Sist bisa membersihkan bagian ini sendiri dengan menggunakan kuas halus dengan menekannya ringan, jangan terlalu bertenaga ketika membersihkannya karena dapat mengakibatkan kerusakan.

2. Karat bisa terjadi pada mobil yang usianya telah lama, karat juga bisa menimbulkan hambatan pada radiator bahkan bisa menghentikan sistem sirkulasinya. Buat Bro and Sist yang punya mobil baru, sebaiknya rutin membersihkan bagian dalam radiator dengan melakukan pengurasan air minimal setahun sekali. Kalau punya yang tahunnya tua sebaiknya menyerahkan kepada ahlinya atau mekanik atau bengkel radiator.

3. Bagian selang sering dilupakan oleh para pemilik mobil padahal menjadi penghubung utama antara mesin dan radiator. Daya tahan selang akan terus menurun karena suhu dan tekanan air yang tinggi. Sebaiknya langsung ganti selang jika ditemukan tanda-tanda kebocoran. Terlambat mengganti selang dapat memicu kenaikan suhu secara drastis dan menyebabkan mesin mobil mati seketika.

4. Tutup radiator kadang tidak selalu diperhatikan, mungkin karena keberadaannya amat kecil. Tapi fungsinya sangat besar. Untuk mengecek tutup radiator masih dalam kondisi baik atau tidak perhatikan pegas dan karet penyekatnya, masih berfungsi baik atau tidak. Saat kedunya tak lagi berfungsi optimal maka temperatur mobil akan meningkat dan terlalu panas. Segera ganti tutup radiator jika sudah tidak terlihat kuat.

5. Hal lain yang diperhatikan saat merawat radiator adalah Pompa Oli, lakukan pengecekan secara berkala, sebab pompa oli sangat berperan dalam mendinginkan mesin. Jika ada yang tersumbat kemungkinan besar akan terjadi peningkatan suhu mesin mobil.

Baca Juga: