POPULAR STORIES

50% Komponen All New Suzuki Ertiga Sama Dengan Generasi Sebelumnya

50% Komponen All New Suzuki Ertiga Sama Dengan Generasi Sebelumnya All New Suzuki Ertiga

KabarOto.com - Untuk menjawab kebutuhan konsumen setia mereka di tanah air, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada bulan April 2018 lalu meluncurkan All New Suzuki Ertiga yang kini hadir dengan platform teranyar serta menggunakan jantung mekanis baru.

Secara garis besar, tampilan eksterior dan interior mobil yang bermain di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut mendapatkan banyak ubahan.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, All New Ertiga mengalami perubahan yang terbilang cukup mencolok. Hal tersebut karena Suzuki Ertiga terbaru telah menggunakan platform baru yang disebut dengan Heartect.

Baca juga: All New Suzuki Ertiga Siap Dikirim ke Konsumen Pertengahan Mei 2018

"Kami menamai platform terbaru yang digunakan untuk Ertiga dengan nama Heartect. Platform ini pun juga digunakan untuk model-model terbaru kami yaitu Ignis dan juga New Suzuki Baleno," ujar Totok Yulianto, 4W Service Section Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat berbincang di sela-sela HUT Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) ke-15 di Sentul City, Bogor, Sabtu (12/5/2018).

Totok mengklaim, penggunaan platform Heartect pada Suzuki Ertiga terbaru memiliki beragam keunggulan. Selain bobot yang kini lebih ringan, ternyata beturut berdampak kepada performa kendaraan, efisiensi bahan bakar bakar, jarak pengereman yang lebih singkat, dan lebih memudahkan ketika bermanuver.

Adapun pemangkasan bobot Ertiga terbaru dengan model lawas sendiri mencapai 100 kg. Hal tersebut mampu mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 5-6%.

"Berdasarkan hasil pengujian yang telah kami lakukan, konsumsi bbm All New Ertiga manual terbaru itu mencapai 18,9 km/l, sementara untuk yang lama sebesar 17,51 km/l," tukasnya

Istimewanya, meski hampir mengalami banyak perubahan, namun baik untuk All New Ertiga maupun Ertiga lawas masih menggunakan suku cadang cadang yang sama.

"All New Suzuki Ertiga itu masih menggunakan banyak part yang sama sekitar 50%. Namun untuk beberapa part utama lainnya seperti gear ratio atau crankshaft dan juga piston berbeda. Yang jelas itu untuk Ertiga baru masih bisa pakai suku cadang Ertiga lama. Karena Ertiga memang sudah dikenal dengan ketahanan mesinnya," pungkas Totok.