POPULAR STORIES

7 Tips Merawat Ban Ala GT Radial

7 Tips Merawat Ban ala GT Radial Foto Ilustrasi Ban. Lakukan perawatan terhadap ban Anda agar performanya tetap maksimal. (Foto Istimewa)

Jangan kesampingkan perawatan ban. Ban merupakan hal yang kecil yang terkadang Bro and Sist melupakannya. Media online kabaroto menurunkan tips perawatan ban yang baik dan benar. Ada 7 tips perawatan ban ala GT Radial, PT Gajah Tunggal.

Lakukan perawatan terhadap ban Anda agar performanya tetap maksimal. Perawatan ini juga dapat memperpanjang usia pakai ban Anda, khususnya yang menggunakan ban GT Radial.

Pertama, Safety First. Utamakan keselamatan Bro and Sist dan orang lain. Kemudian kendaraan Anda dengan baik. Lewati jalan rusak dengan perlahan-lahan dan hati-hati. Hindari benturan keras dengan benda-benda di jalan yang dapat merusak permukaan ban Anda.

Kedua, Perhatikan tekanan udara ban. Sesuaikan dengan petunjuk di label info yang ada di sisi dalam tiang pintu pengemudi atau sesuaikan dengan anjuran pabrik ban.

Tiga, Balancing. Setelah penggantian ban baru, setelah melakukan rotasi ban atau jika terjadi putaran ban pada kecepatan tertentu. Balancing ini dilakukan untuk mencegah getaran pada ban dan menjaga supaya keausan ban merata.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah, proses spooring. Usai melakukan rotasi ban atau jika terjadi gejala-gejala kemudi terasa tertarik ke arah kiri atau kanan. Spooring juga dilakukan saat terjadi keausan ban sebelah atau tidak rata.

Lima, proses ini pun jangan ditinggalkan yakni, berishkan ban hanya dengan menggunakan sabun atau shampo mobil. Untuk hasil yang lebih baik, minimal sebulan sekali, lepaskan keempat roda dan bersihkan kotoran di sela-sela roda dan ban.

Enam, Lakukan rotasi ban secara berkala (Setiap 7.500-10.000 KM). Hal inilah yang dapat memperpanjang usia pakai ban dan mencegah keausan ban yang tidak merata.

Dan tahap terakhir adalah periksa secara berkala keausan ban dan bentuk fisik ban. Jika sudah terjadi kerusakan pada bentuk fisik ban, berarti sudah saatnya untuk mengganti ban Bro and Sist dengan ban yang baru. Inilah tips dari buku GT Radial peduli keselamatan anda dan keluarga.

Baca Juga: