AC Mobil Anda Bau? Atasi Dengan Cara Berikut

AC Mobil Anda Bau? Atasi dengan Cara Berikut Untuk mobil baru bisa dirawat dengan rajin mengganti filter kabin setiap 6 bulan (Foto: Istimewa)

Bro and Sist pernah mengalami di dalam mobil AC yang bau saat menyalakan mobil pertama? Atau Anda tengah mengalaminya saat ini? Jangan khawatir bro and sist, berikut ada cara, tips paling tepat untuk mengatasi AC Anda yang bau.

Menurut Kepala Bengkel dari bengkel spesialis AC mobil di Pamulang, cara paling utama yakni membuka filter kabin dan menggantinya dengan yang baru.

"Membersihkan filter kabin tidak langsung dapat menyelesaikan masalah AC mobil bau. Filter kabin sediri bahan utamanya berupa kertas yang mudah sobek dan terkoyak. Apalagi jika filter kabin di cuci sangat tidak membantu pemilik mobil mengatasi masalah AC mobil bau. Filter kabin yang sudah terkontaminasi dengan debu sangat rentan rusak dan tidak maksimal lagi menyerap debu dan asap ketika digunakan kembali," ucap si mekanik saat ditemui di bengkelnya di Pamulang. Tangerang yang berada di jalan Setiabudi.

Ia melanjutkan, filter kabin itu ada dua jenis menurut bahan yang digunakan. Ada jenis karbon yang terbuat dari bahan carbon aktif (zeolite) fungsinya selain menyaring debu dan partikel-partikel kecil penyebab alergi juga dapat menyerap bau pada AC mobil. Sementara jenis kedua adalah non woven (fiber) fungsinya menyaring udara yang masuk dari debu, partikel-partikel kecil dan serbu-serbuk lainnya.

"Untuk mobil baru bisa dirawat dengan rajin mengganti filter kabin setiap 6 bulan, kalau mobil yang sudah di atas 20.000km sebaiknya sesekali cek kondisi AC mobilnya.

Sebenarnya, apa penyebab AC menjadi bau? Faktor utamanya karena debu yang semakin lama semakin banyak menempel pada evaporator dan filter kabin. Hal tersebut menyebabkan timbulnya jamur selain menyebabkan bau tidak sedap jika dibiarkan dapat membuat evaporator menjadi korosi lalu bocor.

Biasanya bau terasa ketika pertama kali menyalakan AC mobil. Memang lama kelamaan akan hilang namun jika dibiarkan bisa jadi sistem AC mobil akan akan bermasalah. Sebaiknya pemilik mobil tidak mengambil resiko sampai AC mobil benar-benar bermasalah dan akhirnya komponen-komponen utamanya harus diganti.

"Beberapa menit mobil berjalan bau itu memang akan hilang, tapi kalau kelamaan seperti itu bisa jadi komponen utama AC mobil beresiko rusak seperti evaporator. Akhirnya evaporator kotor dan harus dibersikan bahkan bocor lalu harus diganti ini lebih beresiko," ucap si mekanik spesialis AC.

Baca Juga: