POPULAR STORIES

Ada Gejala Ini, Anda Wajib Balancing Pelek Motor

Ada Gejala Ini, Anda Wajib Balancing Pelek Motor

Kabaroto.com - Menyeimbangkan pelek atau yang dikenal dengan balancing biasanya digunakan pada ban mobil. Namun, belakangan banyak pula pemilik sepeda motor yang menyeimbangkan ban tunggangan mereka.

Sebenarnya, perlu atau tidak pelek motor di-balancing? Jawabannya adalah perlu. Itu karena kinerja ban pada mobil atau motor sama. Jika pelek kerap digunakan untuk menerabas jalan rusak, keseimbangannya bakal terganggu.

Gejala pelek tidak seimbang bisa dirasakan ketika sepeda motor melaju pada kecepatan antara 60 sampai 100 km/jam. Umumnya, pengendara akan merasakan ada getaran berlebihan pada roda depan atau belakang.

Ya, gejala ini memang mirip dengan saat bearing mengalami kerusakan. Akan tetapi jika bearing tak mengalami masalah dan Anda masih merasakan gejalan ini, dipastikan pelek motor Anda sudah tak lagi seimbang.

Proses balancing ban motor tidak bisa dilakukan di sembarangan bengkel. Alasannya, proses ini memerlukan alat khusus yang tak semua bengkel memilikinya.

Proses balancing dimulai dari peletakkan ban pada alat. Tak luput data pendukung seperti lebar roda di-input pada alat.

Kemudian, alat akan berputar dengan kecepatan kira-kira 40 km/jam. Setelah itu, akan muncul angka pada berapa besaran timah balancer yang harus ditempel pada pelek.

Berita Terkait

Berita Terkait