POPULAR STORIES

AHM Tanam 17 Jenis Pohon Langka Di Lahan Tandus Bandung Barat

AHM Tanam 17 Jenis Pohon Langka di Lahan Tandus Bandung Barat Astra Honda Motor (AHM)

KabarOto.com - PT Astra Honda Motor (AHM) meresmikan Astra Honda Pranaraksa Center. AHM sekaligus mengenalkan kegiatan perdananya yaitu Program Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk melestarikan lingkungan.

Terdapat tiga tujuan utama dalam upaya pelestarian ini yaitu penghijauan lahan tandus, perlindungan keanekaragaman hayati, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Ini Kemeriahan Honda Bikers Day 2019 Ambarawa

Kegiatan perdananya diwujudkan melalui penanaman sekaligus pemeliharaan 1.000 pohon buah langka asli Indonesia. AHM memilih Bukit Puter, Kampung Cidadap, Kab. Bandung Barat sebagai lokasi penanaman dan pemeliharaan karena tempat ini tandus dan dirasa memerlukan upaya reboisasi.

Tak jauh dari lokasi konservasi, terdapat Kampung Berseri Astra Cidadap. Diharapkan keduanya dapat saling bekerja sama dan memberdayakan masyarakat lokal dalam proses penanaman dan perawatannya. Tidak hanya ditanam, AHM bersama masyarakat juga merawat kelestariannya.

Astra Honda Pranaraksa Center ini diharapkan bisa menjadi pusat pengenalan dan pembelajaran kepada seluruh elemen masyarakat yang ingin mengetahui lebih jauh tentang buah-buah asli Indonesia yang saat ini sudah mulai jarang dijumpai di sekitar kita," jelas GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin.

Terdapat 17 jenis pohon buah langka yang ditanam, antara lain mundu, menteng, kecapi, kenari, jamblang, sempur, jeruk kinkit, maja, jambu mawar, bisbul, matoa, belimbing wuluh, alkesa, jambu bol, sirsak madu, sirsak ratu, dan gowok.

Baca Juga: Alex Marquez Komentar Usai Cicipi Honda RC213V

Adapun 10 jenis pohon buah lokal yang juga ditanam yaitu pohon jambu kristal, jambu biji, jambu air, manggis, sawo manila, kelengkeng, belimbing, alpukat, nangka, dan durian musang king yang merupakan jenis buah lokal.