POPULAR STORIES

Ajon Motor, Ubah Motor Kecil Jadi Kencang

Ajon Motor, Ubah Motor Kecil jadi Kencang Di bengkel Ajon Motor ini, pastinya motor kecil Bro and Sist dari yang standar akan diubah menjadi kencang (Foto: KabarOto/Yudi Atmaja)

Bengkel Ajon Motor, mekanik motor kecil bisa mengubah mesin Bro and Sist dari yang standar menjadi kenceng. Seperti apakah ia mengutik mesin motor tersebut?

Di tempat yang tidak terlalu luas ini, terpandang puluhan motor dengan warna cerah terparkir. Dua orang menggunakan celana pendek dan kaos oblong warna biru dan abu-abu nampak berbincang disamping motor berwarna kuning dan orange itu. Disampingnya Seorang mengenakan baju biru dan celana jins buntung terlihat sibuk mengutak-ngatik salah satu mesin motor. Beberapa orang juga terlihat sibuk di depan bengkel burukuran kurang lebih 5x4 meter itu. Ditengah kesibukan mereka menyambut baik kehadiran kabaroto. Dengan ramah mereka menerima dan menjawab pertanyaan yang kabaroto ajukan.

Bengkel yang benama Ajon Motor itu memang menjadi tempat nongkrong untuk mengutak-atik motor yang bentuknya tidak seperti motor standard pada umumnya. Motor ini kecil, dan mungkin hanya bisa digunakan oleh anak kecil berusia 5 sampai 10 tahun. Namun karena motor ini begitu kuat dan bisa dimodifikasi, membuat puluhan orang dewasa tertarik untuk menggunakannya. Bahkan motor-motor ini kerap dibawa ke sirkuit untuk diadu kecepatannya.

Bagi pengendara yang memiliki tubuh tinggi besar, mungkin dengkul dan badannya akan ditekuk 160 derajat. Namun inilah sensasi motor kecil. Mereka yang menggunakannya terasa senang dan happy bila mengendarainya. Hal itu yang membuat kabaroto tertarik untuk mengulasnya.

Edward Dotanisyo salah satu pengguna motor kecil (mocil) yang kabaroto temui di Ajon Motor, dia mengaku menggunakan motor kecil ini untuk having fun saja.

“Motor ini ga ada sensasinya, biasa aja. Cuma pakai motor kecil resikonya kecil juga pasti. Ya kita juga ada balapannya juga, kalau dapat tropy senang. Tapi bukan buat cari uang,” terang Edward seraya tertawa.

Saat akhir pekan, Edward dan komunitasnya kumpul di Ajon Motor dan mensetting motor mereka. Biasanya menjelang sore ia dan teman-temannya membawa motor-motor kecil itu untuk dijalankan di sirkuit kecil di kawasan Pluit, Jakarta Utara.

“Sebelum ke track kita test di sini dulu, kalau udah oke baru kita jajal di track, dan motor ini cukup kenceng juga,” tambah Edward.


Ajon si Montir Motor Kecil
Dikesempatan yang sama, kabaroto juga berbincang santai dengan sang montir. Dialah sang dokter motor kecil itu. Dari keahliannya puluhan motor disulap dari motor standard untuk anak kecil menjadi motor yang memiliki kekuatan hingga bisa digunakan di track balap.

Keuletannya itu pula yang membuat beberapa anggota komunitas mocil mendapatkan tropy.

“Ya motor ini unik, Harus ada tingkat kesabaran yang tinggi untuk memeriksa mesin mocil. Mesin mocil tidak semudah dengan roda dua yang standar. Kendalanya hanya satu yaitu sparepart sedikit sulit dicari. Kan, kalau motor umumnya, banyak onderdilnya dimana-mana, untuk mocil ini harus pesan dulu," jelas Ajon.

Ajon juga mengaku jika motor kecil ini sparepartnya mudah bergeser dan harus hati-hati mengerjakannya.

“Merawat mocil ini juga gak seperti motor pada umumnya. Mocil ini letak sparepartnya tidak begitu paten. Mudah sedikit di geser,” terangnya yang membuka bengkelnya ini di Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Baca Juga: