Akankah Honda Gunakan Rangka ESAF Untuk Vario Dan PCX?

Akankah Honda Gunakan Rangka eSAF untuk Vario dan PCX? Rangka eSAF di pabrik AHM Cikarang

KabarOto.com - PT Astra Honda Motor sudah mulai menggunakan rangka baru, yaitu Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) untuk seluruh sepeda motor terbarunya yang masih menggunakan mesin 110 cc seperti Honda Beat series, All New Scoopy dan juga Genio.

Rangka ini diklaim lebih ringan namun rigid, performa motor menjadi lebih baik saat digunakan di jalan raya. KabarOto pun sudah mencoba rangka ini,dan memang mempengaruhi kecepatan dan juga bahan bakar. Meski ringan, namun tidak membuat motor melayang terbawa angin.

Baca Juga: Ini Rangka ESAF Yang Bikin Honda Genio Jadi Lebih Ringan

Rangka eSAF membuat motor lebih ringan

Endro Sutarno, Technical Service Division PT AHM mengatakan, rangka ini mempengaruhi konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

"Bagasi dan tangkinya juga tambah besar, pas untuk konsumen yang membawa banyak barang," terang dia, di kawasan Cikarang, beberapa waktu lalu.

Lalu apakan nanti rangka ini akan digunakan juga untuk Vario 125 cc atau Vario 150 cc bahkan Honda PCX 150 dan ADV? Meski banyak keunggulan yang ditawarkan oleh sasis ini, namun dia menyatakan, AHM belum ada rencana untuk mengembangkan ke arah sana.

"Belum ada rencana pengembangan untuk penggunaan sasis eSAF di Honda Vario dan Honda PCX," terang dia.

Baca Juga: Profil All New Honda Scoopy

Rangka ini secara keseluruhan bisa menambah kapasitas tangki bahan bakar. Scoopy model lama hanya bisa menampung sampai 4 liter. Namun, All New Scoopy yang baru meluncur pekan lalu bisa menampung sampai 4,2 liter.