POPULAR STORIES

Akibat Fatal Apabila Oli Mesin Habis

Akibat Fatal Apabila Oli Mesin Habis (Dok. Istimewa)

Kabaroto.com - Bagi kendaraan bermotor, oli mesin itu sangat penting. Lantas, apa jadinya bila mengalami oli mesin habis atau tinggal sedikit? Tentu saja ini akan berimbas pada komponen penting di dalam mesin.

Perlu diketahui bahwa, oli mesin dipakai oleh kendaraan untuk membuat mesin tetap stabil berputar sesuai kapasitasnya. Jika mesin tiba-tiba mati karena kehabisan oli atau oli yang tinggal sedikit, maka bisa jadi pertanda buruk bagi mesin kendaraan. Efek oli mesin habis bisa mengakibatkan over haul mesin atau turun mesin.

Tidak semua orang mengerti tentang akibat oli yang habis pada mesin mobil. Banyak orang hanya memasukkan ke bengkel tanpa melakukan pencegahan. Untuk itu, setidaknya bagi pemilik kendaraan mengetahui efek akibat oli mesin habis atau oli mesin berkurang dan cara menghindari kejadian tersebut.

  • Jika oli habis tanpa tersisa maka secara otomatis mesin mobil akan berhenti. Akibatnya adalah berbagai macam komponen, mesin akan mengalami kerusakan. Karena tidak ada pelumas bagi komponen mesin yang bergerak. Akibatnya mesin cepat panas dan suara mesin menjadi kasar.
  • Kruk AS pada mobil biasanya akan rusak parah dan baru bisa dipakai kalau diganti baru. Jadi ini akan menjadi pengeluaran yang cukup besar. Akibat lainnya adalah kruk AS yang rusak akan membawa kerusakan baru pada blok mesin.
  • Blok mesin dan kruk AS yang rusak bisa menjadi pengeluaran yang besar, karena harus mengganti satu set mesin mobil.
  • Bagian mesin lain yang akan rusak adalah pada stang seker (rocker arm) dan silinder mesin. Bahkan rem juga bisa mengalami gangguan seperti gosong atau aus.