POPULAR STORIES

Alex Rins Jadi Pebalap MotoGP Pertama Yang Membela Tiga Pabrikan Berbeda

Alex Rins Jadi Pebalap MotoGP Pertama Yang Membela Tiga Pabrikan Berbeda Alex Rins saat menang di MotoGP America 2023 (Foto: LCR Honda)

KabarOto.com - Alex Rins resmi pindah ke Yamaha musim depan. Menjadikan dirinya sebagai pembalap pertama, yang pernah membela tiga pabrikan berbeda di MotoGP.

Yamaha sendiri mengakhiri hubungan kerja sama dengan Franco Morbidelli, setelah lima tahun bersama. Posisi Morbidelli akan digantikan dengan Alex Rins.

Kepindahan Rins ke Yamaha memang mengejutkan beberapa pihak, pasalnya pembalap Spanyol ini baru bergabung dengan Honda pada tahun 2023. Bersama LCR Honda, Rins meraih kemenangan perdana di MotoGP Amerika.

Baca Juga: Hasil FP1 MotoGP Inggris 2023: Marco Bezzecchi Catatkan Waktu Tercepat

Alex Rins akan menggantikan posisi Franco Morbidelli di Yamaha

Kemenangan di Circuit of the Americas, menjadikan Rins sebagai pebalap Honda yang berhasil memenangkan balapan MotoGP, selain Marc Marquez.

Sayangnya, perform Rins tidak konsisten, setelah dua kali gagal finis di Jerez dan Le Mans, sebelum akhirnya mengalami patah kaki di Italia.

Sebelumnya, Rins pernah bergabung dengan Suzuki dan Honda. Yamaha menjadi pabrikan ketiga bagi Rins di MotoGP. Rins mengikuti jejak dari Randy Mamola, Loris Capirossi, Sete Gibernau, dan Alex Barros saat MotoGP masuh menggunakan mesin 500 cc.

Baca Juga: Franco Morbidelli Berpisah Dengan Yamaha Akhir Musim MotoGP 2023

Rins juga berpeluang mencetak rekor kemenangan dengan tiga pabrikan motor berbeda di MotoGP. Di mana, belum ada pebalap yang dapat meraih hal tersebut.

Nama lain yang berpeluang mencetak rekor tersebut, ada Jack Miller dan Maverick Vinales. Saat ini, Rins tengah dalam masa pemulihan setelah cedera patah kakinya.