Andreas Gunawan Berhasil Harumkan Nama Indonesia

Alif Sowandono
Alif Sowandono 07 Dec 2015 - 03:33
Andreas Gunawan Berhasil Harumkan Nama Indonesia
Gaya Selebrasi Andreas Gunawan di SAC Thailand 2015 (foto: Suzuki Indonesia)

pembalap muda berusia 20 tahun asal Lampung, Andreas Gunawan, Indonesia dengan bangga berhasil mengharumkan Negara Indonesia melalui pembuktian dirinya menjadi Juara Asia pada putaran terakhir Suzuki Asian Challenge (SAC) 2015 yang diselenggarakan 5 – 6 Desember 2015 di Chang International Circuit, Buriram, Thailand. Kerja keras dan strategi sepanjang balapan terbayarkan dengan sebuah kebanggaan.

Sejak lolos dari Suzuki Indonesia Challenge (SIC) season pertama dan kemudian berkesempatan bertanding di kejuaraan Suzuki Asian Challenge 2015, Andreas bertekad tidak hanya sebatas bisa mewujudkan impiannya dari pembalap daerah menjadi pembalap kelas Internasional namun juga harus memberikan kebanggaan dan kemenangan bagi Indonesia. Tekad positif tersebut pun akhirnya terwujud dan menjadi suatu prestasi yang sangat bernilai bagi Indonesia di tingkat Internasional.

Aksi Andreas Gunawan di SAC Thailand 2015 (foto: Suzuki Indonesia)

Aksi Andreas Gunawan di SAC Thailand 2015 (foto: Suzuki Indonesia)

Kemenangan Andreas di SAC 2015 sekaligus menjadi kebanggaan bagi PT. Suzuki Indomobil Sales (PT. SIS) yang terbukti berhasil mencetak pembalap muda paling disegani di Asia. Selain itu, kemenangan tersebut sekaligus membuktikan bahwa Suzuki Indonesia Challenge beserta seluruh program pendukungnya menjadi ajang pencarian bakat pembalap muda terbaik di Indonesia.

Perolehan prestasi perdana Andreas di tingkat Asia menjadi suntikan semangat tambahan untuk perjuangan selanjutnya. Catatan positif prestasi Andreas menarik antusias Team Suzuki Kagayama (penyelenggara SAC dan pemilik tim Sport 600cc) untuk memberikan kesempatan langka yaitu audisi pencarian riders Team Suzuki Kagayama yang diposisikan sebagai pembalap kelas Sport 600cc. Tanpa jeda panjang, masih berlokasi di Chang International Circuit pada tanggal 7 Desember 2015, Andreas akan melakukan sesi penilaian balap guna mewujudkan impiannya lebih tinggi lagi. Andreas akan bersaing dengan 2 pembalap lain yaitu Patis Chooprathet asal Thailand dan Takeru Murase yang berasal dari Jepang.

Diantara 3 pembalap tersebut, hanya Andreas lah yang paling muda dan masih awam di kelas Sport 600cc. Meski demikian, Andreas telah mendapatkan bimbingan melakukan latihan sebelumnya dengan motor Suzuki GSX-R600 di Sentul International Circuit.

Baca juga: