POPULAR STORIES

Anggota Rakom AXIC Berikan Informasi Lalin Setiap Harinya

Anggota Rakom AXIC Berikan Informasi Lalin Setiap Harinya Berfoto bersama para member Rakom AXIC setelah mengunjungi AUTO 2000 di Pluit, Jakarta Utara (Foto: Dok Rakom AXIC)

Pria yang satu ini menjabat sebagai Ketua Sub Radio Komunikasi AXIC. Ia mempunyai nama panggilan Bro Young-Q. Dengan nomor id 1614, YD0NTD. Di sub radio komunikasi (Rakom) ini mempunyai peranan yang sangat penting, memberikan informasi lalu lintas (lalin) kepada anggota rakom setiap harinya. Berikut penuturannya kepada kabaroto.

Di dalam pelaksanaannya, ia membenarkan bahwa di Rakom ini adanya frekuensi. Karena itu memerlukan izin legalitas, iya, izin ke Orari. Segala informasi yang berkaitan dengan lalu lintas jalan raya akan di komunikasikan di sini, sesama member Rakom Axic. Selain memberikan informasi yang bermanfaat untuk anggota, menurut Bro Young-Q, rakom ini akan diperlukan ketika touring. Sangatlah berarti manfaatnya.

"Saya sampaikan di sini, seluruh anggota Rakom Axic harus mempunyai izin untuk penggunaannya. Untuk memperoleh izin tersebut ada ujiannya. Ujian tertulis, ujian negara. Ujian ini setahun dua kali. Setelah lulus ujian, barulah member Rakom Axic akan mendapatkan Sertifikat Kecakapan. Nah selanjutnya, setelah diurus Sertifikat Kecakapannya, akan keluar izin amatir radio sama kartu anggota," jelas Bro Young-Q.

Tentunya sebagai komunitas Sub dari Axic, Rakom ini mempunyai kegiatan internal. Misalnya, adanya ajang lomba yang berkaitan dengan Rakom tersebut. Begitu juga di saat kopdar, saling sharing otomotif dan ada arisan radio, sebulan sekali.

"Biasanya kalau kopdar di hari libur, Sabtu atau Minggu. Anggota yg sudah terdata 250 secara Nasional, Jabodetabek dan wilayah Palembang. Komunitas Axic ini adalah komunitas yang paling beragam. Dengan keberagaman inilah untuk menyatukan hobi rakom," ucap Bro Young-Q.

Walaupun adanya sub-sub, dipastikan di Axic ini sesama anggota saling dukung, kompak. Di Rakom Axic ini mempunyai kegiatan tahunan, Sahur On The Road (SOTR) di lima wilayah Jakarta.

"Adanya kumpul-kumpul secara Nasional, Jambore Nasional setiap dua tahun sekali," tutup Bro Young-Q akhiri pembicaraan dengan kabaroto.

Baca Juga:

 

Berita Terkait

Berita Terkait