POPULAR STORIES

Arab Saudi Kembangkan Mobil Listrik

Arab Saudi Kembangkan Mobil Listrik Ilustrasi pengisian baterai mobil listrik.(istimewa)

KabarOto.com - Arab Saudi tengah menggarap proyek percontohan kendaraan listrik pertama di negara Petro Dolar tersebut. Bahkan, perusahaan listrik, Saudi Electricity, Minggu (14/1/2018), menandatangani kerjasama dengan tiga perusahaan Jepang untuk mendorong sukses rencana besar itu.

Ketiga perusahaan Jepang tersebut, masing-masing; Tokyo Electric Power (TEPCO), Nissan Motor serta Takaoka Toko. Pengembangan proyek mobil listrik itu merupakan upaya diversifikasi ekonomi Arab Saudi di luar minyak.

Baca Juga: Cara Mengisi Daya Motor dan Mobil Listrik di SPLU

Bahkan, Arab Saudi sudah bekerja sama dengan perusahaan otomotif, Toyota Motor Jepang dalam studi pengembangan kendaraan listrik tersebut.

Perusahaan otomotif dunia, baik Eropa, Amerika Serikat maupun Cina, termasuk Indonesia, tengah mengembangkan mobil listrik. Hal itu untuk mengikuti peraturan emisi global yang sangat ketat.

Kesepatakan Arab Saudi dengan perusahaan Jepang itu, antara lain; stasiun pengisian daya cepat dikembangkan untuk mengisi kendaraan listrik dalam 30 menit.

Saudi Electricity (SEC) akan meminjam tiga mobil listrik Nissan, sedangkan TEPCO dan Takaoka Toko menyediakan tiga pengisi baterai daya cepat. Hanya saja tak dijelaskan implementasi kerjasama tersebut.