Arif Reza Fahlepi: Berawal dari Wartawan

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 04 Dec 2015 - 05:49
Arif Reza Fahlepi: Berawal dari Wartawan
Arif Reza Fahlepi nomor dua dari kiri berfoto bersama wartawan Mabes Polri saat di gokart beberapa waktu lalu (Foto: KabarOto/Abdi Kurniawan)

Kini ia dipercaya memegang jabatan sebagai External Relation Head Corcom FIFGROUP. Dibalik kesuksesannya ini, ia tidak lupa akan perjalanan karirnya yang menembus hingga ke FIFGROUP. Sebelumnya Arif Reza Fahlepi meniti karir di dunia wartawan di Jawa Pos Group. Berikut kisahnya?

Arief Reza Fahlepi adalah namanya, teman-teman di dunia otomotif biasa memanggilnya dengan inisial namanya ARF. Sebelum ia terjun di FIFGROUP, tahun 2004 ia masih menjadi wartawan di Jawa Pos Group. Saat itu ia ingin kredit motor. Ia melihat leasing FIF. Ia menginginkan pekerjaan yang pas, yang tidak banyak memakan waktu, pekerjaan kantoran. Kebetulan FIF membuka lowongan pekerjaan sebagai surveyor. Ia pun melamar pekerjaan tersebut di Rawamangun, Jakarta 1.

Ia diterima sebagai surveyor. Namun dunia wartawan tidak ia tinggalkan. Ia tetap melakoninya untuk liputan Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Selatan, Polres Jakarta Pusat, Walikota Jakarta Selatan, dan Kejaksaan Tinggi Jakarta. Dua jenis pekerjaan yang ia jalani. Surveyor dan wartawan hanya beda tipis, sama-sama bekerja di lapangan.

Singkatnya, ia memilih rutinitas sebagai surveyor. Karena ketekunannya ia bekerja, ia mendapatkan respon yang positif dari Direktur. Ia di tarik ke kantor pusat. Setahun berikutnya, 2007, ia diamanatkan duduk di kursi Corporate Secretary Communication yang kini dinamakan Corporate Communication (Corcom) hingga sekarang ini.

Jabatan yang sangat diembannya ini merupakan posisi yang sangat penting bagi sebuah perusahaan terbesar pembiayaan. Karena basicnya seorang jurnalis, baginya pucuk amanah ini tidak aneh. Ia membuka file-file yang masih disimpannya. File itu tentunya yang berhubungan dengan dunia wartawan demi membangun persahabatan kembali.

Program pertama yang ia jalani saat menjadi Corcom, membangun jaringan dengan media. Kenapa? Saat itu FIFGROUP belum terbiasa menjalin komunikasi dengan wartawan. Namun sebagai Corcom FIFGROUP, ia setahap demi setahap membangun hubungan tersebut dengan media.

Awalnya ia hanya menghubungi media Interview. Agar menjadi partnership dengan FIFGROUP. Keberhasilan media dengan FIFGROUP terjalin baik. Melihat respon yang baik dari pihak manajemen, ia kembali menghubungi rekan-rekannya yang masih aktif di dunia wartawan untuk bisa menjadi bagian dari FIFGROUP mengenai informasi FIFGROUP yang untuk diberitakan. Kini hubungan tersebut terjalin baik. Seperti di dunia otomotif, ia bekerjasama dengan Forum Wartawan Otomotif (Forwot) dan forum wartawan lainnya yang sudah menyatu dengan company FIFGROUP.

Baca Juga: