Profil - Cleveland Ace Scrambler, Si Klasik Pelahap Segala Medan

Profil - Cleveland Ace Scrambler, Si Klasik Pelahap Segala Medan Cleveland Ace Scrambler (KO)

KabarOto.com - Belum genap dua tahun, Cleveland Cyclewerks (CCW) melalui PT Sumatra Motor Indonesia turut meramaikan pasar motor klasik di Indonesia. Meski begitu, pabrikan asal Amerika Serikat yang berdiri sejak 2009 tersebut, berhasil menarik perhatian pencinta otomotif tanah air.

Hampir semua motor Cleveland kental dengan aura retro klasik. Sebut saja Misfit, Heist, dan Ace. Kali ini KabarOto.com akan membahas Cleveland Ace Scrambler.

Cleveland Ace Scrambler saat digunakan touring

Bila dilihat dari sejarahnya, Scrambler merupakan sebuah balapan motor di era 1920-an yang dimulai di Inggris. Balapan tersebut merupakan adu cepat dari satu lokasi menuju lokasi lain yang sudah ditentukan dengan waktu tercepat.

Uniknya, meski pemenang ditentukan oleh waktu tercepat sampai di garis finish, namun tidak disediakan lintasan khusus untuk para pembalap. Jadi mereka bebas untuk melewati perbukitan, jalan berbatu, atau medan sulit lainnya.

Baca juga: Touring Asyik Tim KabarOto.com Ke Geopark Cileutuh

Pada saat itu, belum ada pabrikan yang memproduksi sepeda motor yang khusus untuk melintasi medan berat, seperti trail. Karenanya, para pembalap diperbolehkan melakukan modifikasi motornya agar sanggup menaklukkan berbagai rintangan.

Secara umum, sepeda motor dengan gaya Scrambler merupakan adaptasi dari sepeda motor jalan raya, yang diubah menjadi motor segala medan. Ciri khas yang utama adalah penggunaan ban dengan tapak knobbly untuk off road atau yang dikenal dengan alur 'tahu'.

Ban profil lebar

Seperti yang terlihat pada Ace Scrambler ini, yang menggunakan ban off road dengan profil lumayan lebar untuk membalut pelek jari-jari berukuran 17 inci. Pada bagian depan, Ace Scrambler menggunakan ban berukuran 110/70-17, sedangkan di belakang berukuran 130/70-17.