POPULAR STORIES

Astra Grup Gelontorkan Rp 4,5 Miliar Bantu Korban Palu Dan Donggala

Astra Grup Gelontorkan Rp 4,5 Miliar Bantu Korban Palu dan Donggala Program Nurani Astra

KabarOto.com - Sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap bencana gempa dan tsunami di kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. PT Astra International Tbk bersama anak usaha Grup Astra mengalokasikan bantuan senilai Rp 4,5 miliar melalui program Nurani Astra.

Pengiriman bantuan senilai Rp 500 juta telah tiba di Palu pada Senin (1/10/2018) lalu yang akan disusul dengan pengiriman bantuan tahap selanjutnya. Adapun bantuan yang Astra berikan berupa berupa 260 tenda, 60 genset, 1.000 selimut, 1.000 handuk, 6,5 ton beras, 1.900 liter bahan bakar, bahan makanan untuk dapur umum, alat mandi serta kebutuhan bayi dan wanita.

Baca juga: Astra Grup Perkuat Layanan Berbasis Digital Di Tanah Air

Pongki Pamungkas, Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk menjelaskan, “Kami berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan agar bantuan dari Astra dan perusahaan-perusahaan Grup Astra dapat diterima secara langsung oleh para korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban para korban bencana,” ungkapnya.

Selain itu, Pongki pun menambahkan, melalui Nurani Astra, Grup Astra di Jakarta, Makassar, Mamuju dan Palu telah berkoordinasi untuk penyaluran bantuan tersebut. Astra juga bekerja sama dengan TNI AL dan AD dalam mengirimkan bantuan dan pengamanan penyaluran bantuan ke Kota Palu dan Kabupten Donggala.

Seperti diketahui, pada 28 September 2018 pada pukul 17.02 waktu setempat, gempa bumi dengan kekuatan magnitude 7,4 telah mengguncang wilayah Kota Palu dan Kabupaten Donggala. Pusat gempa terjadi di kedalaman 10 km pada 27 km timur laut Donggala dan berpotensi tsunami. Pada pukul 17.22 terjadi tsunami dengan tinggi mencapai enam meter yang melanda pantai Talise di Kota Palu dan pantai di Kabupaten Donggala.

Berdasarkan keterangan resmi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per 3 Oktober 2018, total jumlah korban tewas mencapai 1.374 orang.

Untuk lebih menjangkau para korban bencana, Grup Astra mendirikan posko Nurani Astra untuk penanggulangan bencana ini di Kantor perwakilan PT Astra Agro Lestari Tbk (AAL) di Jl. Garuda No. 59 Lolu Utara, Palu Selatan Kota Palu. Sebanyak 13 personil Search and Rescue Grup Astra telah berangkat dari Jakarta untuk bergabung di posko tersebut.