POPULAR STORIES

Awas Macet! Jasa Marga Lakukan Pemeliharaan Jalan Tol Jakarta-Cikampek

 Awas Macet! Jasa Marga Lakukan Pemeliharaan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Pemeliharaan jalan tol (JM)

KabarOto.com - PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek (Japek) saat ini tengah melaksanakan pekerjaan pemeliharaan rutin, agar kondisi jalan tol selalu dalam kondisi prima, dengan metode Rekonstruksi Rigid.

Rencananya, hingga lima hari ke depan, pekerjaan rekonstruksi akan dilaksanakan di kedua jalur pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Ditargetkan Selesai Akhir September 2019

Berikut adalah rincian lokasi dan waktu pekerjaan rekonstruksi dimaksud:

- Arah Cikampek: Km 24+515 s.d Km 24+616 di bahu luar dengan panjang penanganan 72 m, berlangsung pada hari ini Minggu 30 Juni 2019 pukul 08.00 WIB hingga hari Kamis, 4 Juli 2019 pukul 05.00 WIB.

- Arah Jakarta: Km 31+919 s.d Km 31+799 di lajur 2 dengan panjang penanganan 120 m, berlangsung pada hari Senin 1 Juli 2019 pukul 08.00 WIB hingga hari Jumat, 5 Juli 2019 pukul 05.00 WIB,

Karena ada pelaksanaan pemeliharaan rutin tersebut, besar kemungkinan akan menimbulkan kemacetan. Jadi Sobat kabarOto sebaiknya melakukan penyesuaian jadwal bila akan melintasi ruas tol tersebut, atau bisa juga mencari jalur alternatif.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat pekerjaan rekonstruksi dimaksud, karena akan berdampak pada penutupan sementara sebagian lajur pada lokasi pekerjaan tersebut," tulis Irra Susiyanti Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga.

Sesuaikan waktu perjalanan untuk menghindari kemacetan

Namun, untuk mengantisipasi kepadatan yang berpotensi terjadi akibat pekerjaan, Jasa Marga bekerja sama dengan Kepolisian telah menyiapkan mitigasi risiko melalui pengaturan lalu lintas berupa sistem buka tutup lajur 1 di lokasi pekerjaan, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.

"Selain itu, bila kondisi makin padat, maka dipersiapkan dua titik contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yaitu dari Km 21+000 s.d Km 25+100 arah Cikampek dan Km 35+600 s.d Km 29+500 arah Jakarta untuk mencairkan kepadatan menjelang titik lokasi pekerjaan," jelas Irra dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Tol Manado-Bitung Siap Beroperasi Penuh Pertengahan Tahun Depan

Untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek juga telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan dan Variable Message Sign (VMS) di Jalan Tol Cikampek arah Cikampek dan arah Jakarta.

"Jasa Marga mengimbau pengguna jalan dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Hindari titik lokasi pekerjaan dengan mengambil jalur alternatif lainnya," pungkas Irra.