Ayo Tengok Cara Bersihkan Headlamp Mobil

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 14 Oct 2016 - 06:10
Ayo Tengok Cara Bersihkan Headlamp Mobil
Jika baret atau goresan mika cukup dalam, Bro and Sist bisa memakai ampelas kertas dicampur air kemudian gosok secara perlahan. (Foto: Istimewa)

Headlamp atau mika lampu mobil terkadang mengalami masalah seperti buram atau kuning. Ini tentu akan mengurangi sinar cahaya yang dihasilkan lampu sehingga akan terlihat redup. Saat ini media online kabaroto dan Sinar Agung akan berbagi cara untuk membersihkan headlamp mobil tersebut. Seperti apakah tips untuk merawat headlamp mobil ini? 

Headlamp atau mika lampu kotor atau sudah menguning sungguh tidak baik untuk menggunakannya. Pencahayaan pastinya akan berkurang. Ada cara tertentu untuk membersihkan headlamp mobil tersebut. Bagaimanakah?

Namun sebelum memulai membersihkan headlamp mobil, ada baiknya Anda persiapkan beberapa peralatan diantaranya,

Kuas halus, wadah air atau baskom, kain katun halus dan lembut, ampelas ukuran 8000, kompon untuk memoles cat, lap chamois dan deterjen pekat atau sabun colek. Kemudian langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membersihkan mika tersebut. 

1. Pertama copot mika lampu mobil dari dudukannya agar proses pembersihan lebih mudah dan detail sehingga bisa sampai ke bagian yang sulit dijangkau.

2. Kemudian cuci seluruh bagian mika yang berbahan plastik dengan menggunakan deterjen untuk membersihkan flek jamur yang menempel hingga hilang. Untuk bagian yang sulit dijangkau bisa menggunakan kuas kecil.

3. Keringkan mika lampu mobil beberepa menit agar baret atau goresan yang ada pada mika lampu bisa terlihat jelas.

4. Poles permukaan headlamp atau mika lampu mobil dengan kompon, lalu gosok permukaan mika memakai kain katun halus. Gosok perlahan dengan memutar berulang sampai permukaan rata.

5. Jika baret atau goresan mika cukup dalam, Bro and Sist bisa memakai ampelas kertas dicampur air kemudian gosok secara perlahan. Jangan terlalu lama menggosoknya karena akan membuat permukaan mika menjadi tipis.

6. Yang terakhir adalah mencuci kembali headlamp atau mika lampu memakai deterjen lalu bilas dengan air mengalir. Setelah itu keringkan dengan memakai lap chamois supaya permukaan tidak baret.

Bro and Sist silakan dicoba. Bila Bro and Sist ragu untuk melakukannya sebaiknya singgahlah ke toko perbaikan headlamp.

Baca Juga: