Bagaimana Menjaga AC Mobil Agar Dingin? Simak Caranya

 Bagaimana Menjaga AC Mobil agar Dingin? Simak Caranya AC mobil yang memberikan kenyamanan buat pengendaranya dan penumpang lainnya (Foto: Istimewa)

KabarOto TuneUp- Air Conditioner (AC) mobil Anda tidak dingin, berarti cara merawatnya yang kurang tepat. Perlu perawatan yang efektif agar pendingin mobil tetap awet dan tahan lama. Bagaimanakah?

Seperti diketahui AC kendaraan roda empat Anda berhubungan langsung dengan panas mesin mobil. Jika tidak salah suhu di engine tersebut bisa mencapai (70-120 derajat celcius) belum lagi pancaran dari sinar matahari (40-60 derajat celcius) serta adanya tamparan dari panas jalanan (50-60 celcius).

Karena itulah Rahmat Auto Service, bengkel mobil di daerah Gaplek, Tangerang Selatan, memberikan ilmunya agar AC tersebut tetap prima. Awalnya, yang harus dilakukan adalah rawat roda empat Anda dengan service yang teratur secara berkala hingga enam bulan. Periksa suhu yang keluar di ventilasi 8-10 derajat celcius. Dengan demikian suhu yang ada dikabin mobil hanya berkisar 24-26 celcius.

"Jangan lupa ganti oli kompressor AC setiap 20 ribu kilometer. Tentunya dengan oli kualitas sempurna dan jumlah yang tepat sangat vital guna jamin kompressor tetap awet. Bila kerja kompressor maksimal akan membuat konsumsi bahan bakar irit. Periksa oli yang dipergunakan," jelas Rahmat, Kepala Mekanik yang juga sebagai owner Rahmat Auto Service.

Ingat, jangan sekali-sekali menggunakan oli murah yang akan berakibat fatal nantinya. Menurut Rahmat, oli ini merupakan cairan darah yang ada di tubuh manusia.

"Jadi harus sempurna membawa oksigen (freon) ke seluruh tubuh. Dan, pastikan jumlah tekanan freon masih stabil dengan standar pabrikan. Tekanan rendah sebabkan kerja kompressor yang berlebihan. Seperti ukuran tensi darah manusia, tekanan darah bisa membuat kepala pusing. Hindari kontaminasi," ucap Rahmat.

Selanjutnya adalah bersihkan kondensor mobil secara berkala. Periksa juga extra fan di kondenser harus bekerja (berputar) jika AC dinyalakan. Sebaliknya, bila extra fan off, suhu kompressor akan panas dan suhu AC tidak akan maksimal.

Perhatikan indikator suhu mesin mobil. Bila terlalu panas akan sebabkan performa AC turun. Mesin mobil akan panas. Jika sudah demikian permasalahannya, segera ke bengkel AC.

"Gantilah coolant radiator mobil sesuai anjuran. Periksa pula accu alias baterai mobil. Bila accu tersebut lemah akan sebabkan magnet clutch di kompressor rusak, segera ganti jika sudah performansi di bawah 20%. Dan, yang terakhir cobalah Anda menjaga kebersihan di dalam mobil Anda. Bersih, Anda pun nyaman," tutup Rahmat akhiri pembicaraan dengan KabarOto.com, Kamis (21/5). (aku)

Baca Juga: 

Cukup Setahun Sekali Minyak Rem Mobil Diganti
Iceberg ICE 90 Kaca Film Nano Carbon
Cukup Setahun Sekali Minyak Rem Mobil Diganti