POPULAR STORIES

Bagaimanakah Touring Aman Dan Nyaman? Berikut Tipsnya

Bagaimanakah Touring Aman dan Nyaman? Berikut Tipsnya Ilustrasi touring aman dan nyaman (Foto: Harley Davidson)

KabarOto Tematik- Beragam cara komunitas sepeda motor sekarang ini menyalurkan hobinya. Mulai dari gelaran kopdar, kegiatan sosial, atau kegiatan rutin melakukan touring atau perjalanan.

Touring yang biasanya digelar oleh sebuah komunitas, sangat direncanakan dengan matang dan tepat. Selain karena untuk faktor keselamatan, juga untuk terciptanya rasa aman dan nyaman dalam menikmati touring. Dikarenakan touring di dalam sebuah komunitas itu biasanya berkelompok atau tidak sendiri, maka perhitungan segala macam aspek keselamatan merupakan hal yang sangat mutlak.

Berikut tips touring yang aman dan nyaman yang berhasil dirangkum KabarOto.com dari berbagai macam komunitas, simak tipsnya,

Pertama, lakukan pendataan terhadap seluruh anggota yang akan touring, baik itu dari data diri, kelengkapan surat-surat kendaraan, dan juga nomor telepon keluarga yang bisa dihubungi.

Kedua, prioritaskan untuk check kondisi tubuh. Ini sangatlah penting untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalan touring berlangsung.

Tiga, jangan lupa check dan lakukan service kendaraan sebelum melakukan touring. Mengganti oli, check kelistrikan, termasuk lampu-lampu, dan juga pengereman.

Empat, persiapkan tujuan touring dengan sangat matang, biasanya para bikers melakukan survey tujuan touring terlebih dahulu, mulai dari tempat tikum, jalan yang akan dilalui, sampai lokasi. Ini diperuntukan agar perjalanan touring bisa berjalan dengan lancar.

Lima, dana atau keuangan jangan sampai terlupakan. Dana perorangan yang mencukupi untuk kebutuhan selama touring, dan juga dana rembukan yang biasanya dikumpulkan oleh panitia touring untuk kepentingan, seperti membayar sewa tempat di lokasi, maupun untuk keperluan konsumsi.

Enam, yang terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah dokumentasi. Tentukan satu orang untuk bagian dokumentasi, karena akan sangat berguna nantinya untuk dokumentasi komunitas.

Itulah tips touring yang aman dan nyaman. Semoga perjalanan touring Bro and Sist lancar dan tetap menjunjung tinggi nilai safety riding. (dan)