Balapan GP2 Tamat, Ajang Formula 2 Lahir

Balapan GP2 Tamat, Ajang Formula 2 Lahir Pembalap Indonesia, Sean Gelael saat menjalani debut balapan seri GP2 di Barcelona. Foto: camposacademy.com

Ajang balapan GP2 resmi tamat di tahun 2017. Sebagai gantinya, ajang balapan ini akan digelar dengan nama Formula 2. Pergantian nama dibuat setelah rencana FIA untuk mengubahnya disetujui oleh Formula One Group di bawah kepemilikan Liberty Group.

Perubahan nama ini juga merupakan bagian dari upaya Presiden FIA, Jean Todt, untuk menjadwal ulang balap single seater. Nama GP2 sendiri dirancang oleh Bernie Ecclestone bersama Flavio Briatore, sebagai pengganti Formula 3000 pada tahun 2005.

“World Motor Sport Council sudah menyetujui pengadaan dari Kejuaraan Formula 2 FIA untuk 2017 ke depan. FIA juga sudah mencapai kesepakatan dengan Formula One Group terkait transisi dari GP2 Series ke FIA Formula 2," tulis pernyataan resmi FIA

"Seri ini akan mendukung Kejuaraan Dunia FIA Formula One pada salah satu dari seluruh jadwal,” lanjut pernyataan tersebut.

Untuk musim perdana F2 tahun 2017, balapan akan digelar sebanyak 10 seri, mengikuti beberapa jadwal F1 2017. Seri pertama akan berlangsung di Bahrain pada 14 April, dengan satu seri di luar jadwal F1 yakni di Jerez.