POPULAR STORIES

Banjir, Julian Johan Alami Ujian Berat

Banjir, Julian Johan Alami Ujian Berat Banjir, Julian Johan Alami Ujian Berat di Final Malaysian Rally Championship (MRC) 2018

KabarOto.com - Final Malaysian Rally Championship (MRC) 2018 yang bertajuk Rally of Terengganu digelar di pada 14-15 Desember lalu. Dari Indonesia ada pasangan Julian Johan dan Recky Resanto yang kembali menggunakan Proton Satria Neo "Neowolf", dibawah bendera tim One Motorsports.

rally

Berlokasi di Terengganu International Endurance Park, trek yang dilalui sangat sulit akibat hujan deras yang mengguyur beberapa hari ke belakang. Bahkan, Julian Johan atau biasa disebut Jeje dan Recky, hanya menargetkan untuk dapat sampai ke finish pada setiap SS.

Rally Terengganu ini menyajikan 13 SS yang harus ditempuh. Hari pertama yang merupakan Leg-1 hujan tidak mewarnai pertandingan, namun pada SS 4 banyak mobil peserta yang mengalami kendala seperti tersangkut atau mesin mati.

rally

"Leg-1 memang tidak hujan, tapi kondisi trek sudah penuh genangan, khususnya di bagian rawa. Mobil berpenggerak 2WD banyak yang kesulitan untuk mencapai finish," ujar Recky.

Jeje dan Recky membuat strategi pada SS 1, pada sesi ini merupakan tahap adaptasi dan berhasil dilalui. Namun, pada SS 2 dan 3 terhalang oleh banyaknya mobil yang tersangkut dan mustahil untuk dilalui. Sehingga Jeje dan Recky harus berhenti.

rally

Sementara di SS 4 Jeje berhasil mencatat waktu bersih, tanpa terhalang kendaraan lain, dan menjadi yang tercepat di kategori 2WD.

Memasuki hari kedua yang merupakan Leg-2, ternyata trek semakin sulit untuk dilalui karena hujan deras yang mengguyur sepanjang hari. Akhirnya, yang seharusnya melewati 13 SS panitia memotong menjadi 8 SS saja.

"Rasanya sudah mustahil trek untuk dilewati, pasti genangannya sudah dalam semua," ungkap Jeje.

Ternyata 4 SS yang dibuka juga masih menjadi tantangan bagi pereli, dengan kondisi trek penuh dengan genangan air serta jarak pandang yang minim, membuat banyak peserta tersangkut di dalam trek yang tergenang air. Belum lagi pada SS 5 dan 6 membuat para peserta letih karena harus ditempuh dengan waktu rata-rata 40 menit.

rally

Pada SS 7 dan 8, merupakan babak terakhir. Laju Jeje dan Recky harus terhenti akibat kopling jebol dan starter mobil yang bermasalah. Mereka tidak sampai finish, dan menurut aturan perolehan poin dan trophy di putaran ini hangus. Walaupun gagal memperoleh poin, Jeje berada di peringkat 4 pada klasemen internasional 2018 ini.

"Kami sudah berjuang semaksimal mungkin, dan tetap kami syukuri walaupun hasilnya sedikit anti klimaks di putaran terakhir. Semoga di tahun depan lebih baik lagi, terimakasih Indonesia," tutup Jeje.