Bayu, Si Mekanik Motor yang Siap Jemput Customer

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 29 Sep 2015 - 06:54
Bayu, Si Mekanik Motor yang Siap Jemput Customer
Bayu Mekanik Motor yang siap melakukan service kepada customer yang memerlukan jasanya. (Foto: KabarOto/Yudi Atmaja)

Tidak terasa pria yang bernama keren Bayu ini sudah dua tahun menjadi mekanik motor. Untuk membedakan dengan mekanik yang lainnya, dan untuk menarik segmentasi pasar, ia menawarkan diri untuk menjemput motor customer yang rusak dimanapun dan kapan pun dibutuhkan untuk di service motor.

Secara gigih, Bayu selama dua tahun, ia harus mengeluarkan butiran-butiran keringatnya agar dapat namanya diketahui orang yang ingin melakukan service motor. Selama dua tahun inilah ia harus bekerja keras, memperjuangkan namanya dimata konsumen roda dua. Setiap konsumen yang ingin memperbaiki motornya, tentunya ia harus sangat ekstra hati-hati mengerjakan kerusakan atau pun melakukan perbaikan terhadap roda dua si konsumen tersebut. Iya, Bayu sangat hati-hati di dalam mengerjakan pekerjaannya sebagai mekanik motor

Setiap konsumen dan setiap permasalahan mesin yang dihadapinya ia tekuni dengan ketelitian. Alhasil, para konsumen yang datang secara satu per satu itu merasa puas mesin motornya di service motor di Bayu. Kini nama Bayu mulai berkibar.

"Kira-kira saya sudah dua tahun menjalani rutinitas sebagai mekanik motor. Semua motor di sini saya tangani dengan baik dan benar serta tepat waktu. Dengan demikian tidak terasa konsumen yang merasa senang dengan service saya ini nantinya akan kembali lagi ke sini," ucap Bayu.

Diakui olehnya, untuk service motor memang diperlukan ketenangan dan kesabaran. Yang jelas, memperbaiki motor Ninja 250cc dengan motor matic jelas berbeda sekali.

"Jika Ninja 2 tak itu sedikit mudah dibandingkan dengan Ninja 250cc. Apalagi bila dibandingkan dengan matic, lebih mudah matic. Menurut saya kalau matic itu pastinya penyakitnya di CVT. Ongkosnya juga berbeda, misalnya untuk jasa service CVT Rp35 ribu, sudah termasuk oli gemuk," kata Bayu kepada kabaroto.

Sementara untuk harga sparepart yang dibanderolnya di sini sangatlah bervariasi. Tergantung dengan varian motornya. Misalnya ada konsumen yang ingin mengganti fanbeltnya, akan dikenakan biaya Rp70 ribu. Berbeda dengan bila satu set CVT yang harganya lumayan mahal.


Awal dari Nongkrong Bareng Teman
Bayu masih saja mengenang detik-detik saat ia ingin mewujudkan keinginannya membuka bengkel. Awalnya saya bisa secara otodidak dan senang saja untuk membongkar-bongkar motor, kecil-kecilan menjadi mekanik motor. Ketika itu ia membedah mesin motor itu di rumah temannya. Singkat cerita, melalui tangannya tersebut, ia berhasil service motor yang rusak tersebut. Sang teman tersebut mengatakan kepada Bayu untuk membuka bengkel.

"Saya terima saran dari teman saya itu. Sampai sekarang saya menjadi mekanik motor. Untuk membedakan saya dengan yang lainnya, saya memanjakan konsumen dengan cara menjemput atau pun service di rumah konsumen. Silakan catat nomor handphone saya jika butuh di 0812-1970-3511. Alamat bengkel alias service motor saya di jalan Beringin Raya 34B Pamulang Tangerang Selatan," tutur Bayu.

Baca Juga: