Begini Cara Kerja Sistem Hybrid Pada New Suzuki Ertiga

Begini Cara Kerja Sistem Hybrid pada New Suzuki Ertiga Foto: KabarOto

KabarOto.com - Pada hari ini (10/06) akhirnya All New Suzuki Ertiga Hybrid diperkenalkan. Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) 7 penumpang ini dibekali teknologi Suzuki Smart Hybrid. Ini merupakan sistem hybrid ringan buatan Suzuki, dan menjadi andalan untuk menekan konsumsi bahan bakar mobil.

Menjadi jagoan Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjual produk-produknya untuk konsumen. Di India, All New Ertiga Hybrid sudah mengaspal, banyak juga digunakan oleh konsumennya.

Lalu bagaimana cara kerja hybrid pada Ertiga?

Prosesnya, menggabungkan antara Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai lithium-ion 6Ah 12V. Keduanya dibuat untuk memaksimalkan kinerja mesin tanpa menghilangkan efisiensi bahan bakar.

Baca juga: Suzuki Ertiga Hybrid Sudah Bisa Dipesan, Berapa Uang Mukanya?

Mahardian Ismadi Brata selaku Asst. to Design Development, Engineering Administration & Homologation Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) mengatakan, sistem Smart Hybrid memiliki Integrated Starter Generator (ISG) bersama dengan pengaturan baterai ganda termasuk baterai lithium-Ion dan baterai Lead-Acid.

Teknologi Hybrid di Suzuki Ertiga

Selama pengereman dan deselerasi, energi kinetik yang dihasilkan diubah menjadi energi listrik, untuk kemudian disimpan ke dalam pengaturan baterai ganda tersebut.

Hasil kerjanya turun ke fungsi Idle Stop Start, saat kendaraan berhenti karena macet, mesin akan mati secara otomatis. Setelah pedal rem dilepas, mesin akan menyala kembali.

Sementara ISG memiliki fungsi motorik juga. Saat mobil mulai bergerak dari posisi diam dan menambah kecepatan, ISG menggunakan fungsi Torque Assist, menambah tenaga mesin di posisi awal.

Energi yang disimpan dalam sistem baterai ganda, digunakan oleh fungsi 'motor' ISG, untuk menambah tenaga mesin selama akselerasi. Beban kerja mesin menjadi ringan, saat mobil menambah kecepatan.

Baca juga: Suzuki Ertiga Bermesin Hybrid Meluncur Di India

Sementara itu, All New Ertiga Hybrid yang diperkenalkan di India, dibekali mesin Smart Hybrid berkode K15C Dualjet 4 silinder DOHC berkapasitas 1.500 cc. Dipadukan dengan sistem Smart Hybrid alias Mild Hybrid yang mampu menghasilkan tenaga gabungan 101 dk pada putaran 6.000 rpm dan torsi 136,8 Nm pada 4.400 rpm.

Gabungan mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual dan otomatis 6 percepatan yang didukung dengan paddle shift. Selain itu, mesin hybrid yang digunakan juga dilengkapi dengan fitur idle start stop, brake energy regeneration, integrated starter generator, baterai lithium-ion, dan torque assist.

Suzuki Ertiga hybrid di negeri Hindustan ditawarkan dalam beberapa varian, yaitu LXi, VXi, ZXi, dan tipe tertinggi ZXi+. Harganya dibanderol mulai dari Rp 157 jutaan sampai Rp 212 juta